Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Sekda Liwe Canangkan dan Kukuhkan Personil Kampung Siaga Bencana "Soputan"

Sekda Liwe menyerahkan perlengkapan kepada Personil Kampung Siaga Bencana "Soputan".

Mitra, detiKawanua.com
- Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Ir Farry Liwe,MSc mewakili Bupati James Sumendap SH, Kamis (27/04), mencanangkan serta pengukuhan personil kampung siaga bencana "Soputan" di Desa Molompar dua kecamatan Tombatu Timur.

Pihak Dinas Sosial Kabupaten Mitra, lewat kepala dinas Fennggy Wurangian sebagai pemrakarsa mengatakan, kegiatan kali ini dalam rangka mewujudkan penanggulangan Bencana Berbasis masyarakat, yang didalamnya di isi dengan kegiatan sosialisasi dan pelatihan kesiapan penanganan bencana bagi masyarakat.

"Masyarakat dilatih untuk mampu hadapi penanganan bencana dalam bencana, terlebih yang terjadi secara tiba tiba," terang Wurangian dalam laporan saat apel kampung siaga bencana di lapangan desa Molompar Dua Utara, Kamis (27/04).

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kegiatan kali ini didanai langsung direktorat perlindungan sosial korban benjana alam (PSKBA) Ditjen Kemensos RI.

"Waktu kegiatan selama tiga hari mulai tanggal 25/27 April dan melibatkan masyarakat yang ada, di mana hari pertama dilakukan penyuluhan oleh narasumber dari Kemensos RI Dinsos Provinsi Sulut, Dinsos Mitra serta unsur polsek Tombatu sehingga terbentuklah kampung siaga bencana "Soputan" desa Molompar Dua Utara," jelasnya.

Sementara itu, Sekda Ir Farry Liwe MSc dalam arahan usai mencanangkan dan mengukuhkan 60 personil kampung siaga bencana "Soputan" mengatakan, Pemkab Mitra memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kemensos RI yang telah memberikan perhatian kepada kabupaten Mitra, sehingga berkenan menyelenggarakan pembentukan Kampung Siaga Bencana.

"Semoga kegiatan ini menjadi bagian dari kesiapsiagaan kita pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi situasi bencana yang tiba tiba, terlebih kabupaten Mitra salah satu kabupaten dengan tingkat kerawanan bencana yang tinggi," ucapnya.

Liwe juga berharap, setelah dibentuknya kampung siaga bencana kiranya dapat melatih masyarakat dalam penanggulanan bencana,

"Semoga usai kegiatan ini, masyarakat mampu mengantisipasi dan mandiri dalam situasi tanggap darurat bencana," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan yang juga dilakukan sumulasi penanggulanan bencana alam oleh tim Kampung Siaga Bencana Soputan serta dilanjutkan dengan penyerahan bantuan logistik tim kampung siaga berupa 5 tenda keluarga, 100 lembar matras, 100 lembar terpal, dan 110 unit selimut, yakni Asisten 1 Setdakab Mitra Drs Ghotlieb Mamahit, Inspektur Daerah Robert Rogahang, Kadis Perikanan Djony Ronsul, Kaban BPBD Ferry Uway, Kepala Satpol PP Janny Rolos, Anggota DPRD Mitra Corry Kawulusan, serta tim Kementerian Sosial, tim Dinsos propinsi, unsur TNI/Polri, serta sejumlah hukum tua dan masyarakat sekitar. (Indri)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 27 April 2017 , ,

0 komentar for "Sekda Liwe Canangkan dan Kukuhkan Personil Kampung Siaga Bencana "Soputan""

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional