Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Perbedaan SIAK, Disdukcapil Talaud Lakukan Pemutahiran Data Penduduk di 15 Kecamatan

Kadisdukcapil Talaud, Jabes Linda SPd MAP.

Talaud, detiKawanua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut akan melakukan pemutahiran data penduduk di setiap kecamatan. Hal tersebut dilakukan kerena terjadi perbedaan data sistem administrasi kependudukan (SIAK) yang ada di Disdukcapil dengan data penduduk yang ada di setiap desa.

Kadisdukcapil Talaud Jabes Linda SPd MAP mengatakan, setelah melakukan pemutahiran data di kecamatan Essang, Tampan Amma, Kalongan dan Kecamatan Moronge, ditemukan sejumlah permasalahan yang menjadi penyebab perbedaan data tersebut.

"Masalah yang kami temukan, pertama: yang sudah meninggal dunia di desa itu sudah mereka hapus datanya tapi data yang ada pada kamu tidak dihapus karena belum diterbitkan Akta Kematian; kedua: ditemukan data ganda seperti terjadi mutasi penduduk antar desa dalam kecamatan dan antar kecamatan dalam kabupaten, di mana datanya tidak dibawa di Disdukcapil untuk di-entry sehingga dia masih terdaftar desa atau kecamatan sebelumnya; kemudian permasalahan yang ketiga adalah ada penduduk yang terdaftar di desa namun dia tidak terdaftar di Disdukcapil," kata Linda.

Untuk mensiasati permasalahan tersebut, dijelaskan Linda, pihaknya langsung membawa format isian untuk penerbitan akta kematian dan membawa format F1 Kosong 1 untuk pendaftaran bagi penduduk yang belum terdaftar di data SIAK yang ada di instansinya, serta melakukan entry data bagi penduduk yang memiliki data ganda.

"Kepada pemerintah di 15 kecamatan tersisa, termasuk desa, diminta menyediakan data jumlah penduduk yang akurat agar program ini memberikan hasil yang maksimal," imbaunya.

Linda juga berharap pemerintah beserta perangkat di wilayah tersebut, dapat mendampingi petugas dalam pemutahiran data yang dimaksud. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 03 April 2017 ,

0 komentar for "Perbedaan SIAK, Disdukcapil Talaud Lakukan Pemutahiran Data Penduduk di 15 Kecamatan"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional