Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Pemkab Minahasa Wacanakan Smart City Guna Benahi Pelayanan Publik

Bupati JWS dan rombongan foto bersam Pj Gubernur Jakarta yang juga Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri. 

Jakarta, detiKawanua.com - Komitmen Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) untuk membawa kemajuan bagi Kabupaten Minahasa terus dibuktikan. Pembenahan disemua sektor pun intens dilakukan dengan berbagai inovasi. Kali ini, fokus pemerintah terarah pada terwujudnya pelayanan publik yang optimal dengan konsep Smart City.

Untuk mewujudkan hal itu, Bupati bersama jajaran yakni para Camat se Kabupaten Minahasa melakukan kunjungan kerja ke ibu kota negara. Rombongan Pemkab Minahasa diterima langsung oleh Plt. Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono yang pada kesempatan tersebut langsung mengarahkan rombongan menuju ruang Jakarta Smart City.

Disana, Pemprov DKI Jakarta menunjukkan konsep pelayanan masyarakat berbasis elektronik. "Singkatnya, Jakarta Smart City merupakan program yang bermanfaat untuk membangun kota Jakarta dengan menggunakan teknologi informasi dan data. Tujuannya untuk menjadikan Jakarta layak huni. Dengan aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat bersama sama memantau Jakarta agar lebih baik lagi," papar Kasatlak Operasional Jakarta Smart City, Ardhika.

Hal penting lainnya yang dikatakan Ardhika, Jakarta Smart City mengintegrasikan seluruh data dan informasi dari SKPD terkait dengan menggunakan algoritma dan visualisasi pemetaan.

"Dalam aplikasi ini terdapat konten yang disebut QLUE di mana masyarakat cukup memfoto peristiwa yang akan dilaporkan dan menyertakan alamat maka info tersebut akan diteruskan oleh admin kepada instansi terkait dan diselesaikan maksimal 2 hari," urai Ardhika.

"Dengan program Jakarta Smart City ini, masyarakat dapat mengetahui setiap program hingga harga bahan pokok di pasar tradisional," tambahnya.

Selain itu, ada banyak program lainnya yang ikut dipaparkan Pemprov DKI. Misalnya terkait keamanan, Jakarta saat ini telah dilengkapi dengan 6.000 lebih CCTV dan bekerjasama dengan TNI/POLRI agar tercipta keamanan bagi masyarakat dalam beraktifitas.

Di sisi lain, Pemerintah DKI Jakarta juga sedang giat-giatnya mengadakan relokasi bagi masyarakat yang tinggal ditempat yang tidak layak ke Rumah Susun. Namun dengan ketentuan hanya bagi yang memiliki KTP DKI Jakarta.

Untuk fasilitas hiburan, ada program pembuatan bioskop di setiap pasar agar memberikan akses hiburan bagi masyarakat yang masuk dalam kategori menengah kebawah. Bahkan Balaikota DKI Jakarta pun saat ini dijadikan tempat wisata dan terbuka untuk umum. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat mengetahui sejarah dan apa yang sementara dilaksanakan oleh pemerintah.

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) kagum melihat perkembangan dan kreatifitas Pemda Provinsi DKI Jakarta saat ini. Dirinya pun memberikan apresiasi yang sangat tinggi karena pemerintah dengan berbagai idenya dapat mengetahui setiap masalah dimasyarakat dan memberikan solusi dengan sangat cepat.

"Kita akan belajar banyak dari apa yang diperoleh disini, supaya kedepannya Kabupaten Minahasa akan lebih mengoptimalkan pelayanan sehingga masyarakat menerima pelayanan prima," tandasnya.

Adapun dalam kunjungan kerja ini, Plt Gub DKI Jakarta turut didampingi oleh Asisten Pemerintahan Bambang Sugiono, Walikota Jakarta Pusat, Kadis Penanaman Modal dan PTSP, Karo Tata Pemerintahan, Karo Organisasi, Karo Hukum dan Camat Senen.

Sementara Bupati Minahasa bersama para camat didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Inspektur Daerah, Kadis Pariwisata, Kabag Pemerintahan dan OTDA, Kabag Humas dan Protokol, Kabag Kesra, Kabag Umum, Kabag Infrastruktur dan Kasubag Pemerintahan dan Adm. Kewilayahan. (*/Sandy)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 11 April 2017 , ,

0 komentar for "Pemkab Minahasa Wacanakan Smart City Guna Benahi Pelayanan Publik"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional