Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Kenapa Ada Buta Huruf? Ini Penjelasan Kadis Dikpora Talaud

Kadis Dikpora Talaud, DR. Imen Djoli Manapode, SPd, MPd.

Talaud, detiKawanua.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud terus berupaya memperluas akses dan pendekatan layanan pendidikan lewat pembangunan fasilitas sekolah sebagai upaya memberantas atau meminimalisir angka buta huruf bagi anak - anak usia sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Talaud, DR. Imen Djoli Manapode SPd MPd mengatakan, dalam dua tahun terakhir pemerintah telah membangun sejumlah gedung sekolah baik tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK di wilayah terisolir, seperti Awit, Nanusa, Lobbo, Bitunuris, Moronge dan Ammat.

Di sisi lain, Ia mengungkapkan, dalam meningkatkan melek huruf atau kemampuan membaca dan menulis, perlu adanya sinkronisasi dan sinergitas dari semua pemerhati pendidikan termasuk masyarakat, orangtua, dan kemauan anak itu sendiri.

"Kenapa ada buta huruf? Karena di tempat-tempat terisolir tidak ada sekolah. Selain peran pemerintah dalam memberantas buta aksara atau huruf lewat pelayanan dan perluasan akses, juga memperpendek jarak sekolah agar terjangkau masyarakat di daerah terisolir. Juga perlu adanya sinkronisasi dan kerja sama semua pihak," ujar Manapode.

Ditambahkan, suksesnya output pendidikan tidak bisa hanya berharap dan berpaku pada tugas pemerintah lewat instansinya maupun lembaga pendidikan. Ia menekankan, faktor dukungan orang tua berada pada nomor urut satu dalam meningkatkan maupun menstimulus anak untuk bersekolah.

"Tidak bisa Dikpora dibiarkan jalan sendiri. Kami perlu ditopang kemauan orangtua untuk berusaha menyekolahkan anaknya. Jangan bersembunyi di balik kemiskinan. Kedua adalah perhatian pemerintah, dan terakhir adalah upaya dan niat baik anak bersekolah. Jadi, orangtua berada pada nomor urut satu, karena waktu paling banyak ada di keluarga, kami hanya memfasilitas," tambah Manapode.

Selain dalam daerah, berbagai upaya lain terus dilakukan pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip SE untuk meningkatkan mutu pendidikan di Tanah Porodisa, sebutan Talaud, lewat koordinasi dengan pemerintah pusat, seperti permohonan bantuan pendidikan bagi masyarakat membutuhkan. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 04 April 2017 , ,

0 komentar for "Kenapa Ada Buta Huruf? Ini Penjelasan Kadis Dikpora Talaud"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional