Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Disdukcapil Talaud Bakal Lakukan Pencatatan Sipil Massal di Tahun 2017

Kabid Pelayanan Catatan Sipil Disdukcapil Talaud, Dra. Suryati Unas MSiK.

Talaud, detiKawanua.comKepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Talaud Jabes Linda SPd MAP melalui Kabid Pelayanan Catatan Sipil Dra. Suryati Unas MSi, menjelaskan, dalam tahun ini pihaknya akan melakukan pencatatan sipil massal yang direncanakan selesai pelaksanaannya sampai pada September 2017 mendatang di 12 kecamatan dari 19 kecamatan yang ada di seluruh Talaud.

Ini dilakukan sebagai bentuk pendekatan pelayanan kepada masyarakat dan selain itu juga untuk membantu masyarakat agar memperoleh dokumen kependudukan seperti Akta Perkawinan sehingga tidak terkendala dalam pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran anak.

"Kalau tidak ada Akta Perkawinan otomatis tidak dapat mengurus Kartu Keluarga dan juga Akta Kelahiran anak," tambah Unas.

Dikatakannya, untuk pendekatan pelayanan kepada masyarakat kami langsung turun kepada masyarakat melaksanakan catatan sipil, karena masih ada masyarakat yang tidak memahami pentingnya dokumen kependudukan.

"Kita tinggal di Negara Hukum sehingga sangat penting dilakukan cacatan sipil sebagai pembuktian yang sah sesuai dengan Pasal (2) UU Nomor 1 Tahun 1974, yakni setiap perkawinan harus disahkan secara huk," sebut Unas.

Ia mengimbau kepada semua calon Pasutri agar menyiapkan dan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, di antaranya Pas Foto Gandeng 4x6, Akte Kelahiran kedua calon mempelai (photocopy), Surat Nikah Gereja (photocopy) kedua calon mempelai, KTP (photocopy) yang berlaku, Surat Keterangan Belum Pernah Kawin dari desa/kelurahan dan lain-lain.


"Catatan Sipil ini tidak dipungut biaya apapun yang kami minta hanya melengkapi semua persyaratan seperti dalam surat edaran yang kami sampaikan melalui pemerintah Kecamatan, Desa atau Kelurahan," pungkas Unas. (Rhojak) 

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 06 April 2017 , ,

0 komentar for "Disdukcapil Talaud Bakal Lakukan Pencatatan Sipil Massal di Tahun 2017"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional