Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Destinasi Objek Wisata Pantai Awananna di Talaud, Menarik Untuk Dikunjungi Wisatawan

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Talaud Frets Latjandu SP. 

Talaud, detiKawanua.com - Lokasi Objek wisata pantai Awananna terletak di Desa Kiama Induk, Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud. Pembangunan salah satu destinasi wisata di Pulau Karakelang (Pulau terbesar di kepulauan Talaud), dilakukan secara bertahap sejak tahun 2015 yang pembiayaanya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2015/2016 yang tertata dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dengan anggaran sekitar 2,9 Miliar, yang digunakan untuk reklamasi, timbunan, hingga pembangunan tanggul dan bangunan gazebo di lokasi tersebut.

Jarak objek wisata alam ini dari pusat kota Melonguane sekitar 6 Km, dapat ditempuh dengan waktu 2 jam bagi pejalan kaki dan 30 menit bagi memanfaatkan angkutan bentor (becak motor) yang menjadi angkutan umum masyarakat dengan tarif atau ongkos Rp.15.000. Untuk pengunjung yang menggunakan sepeda motor, dapat mencapai lokasi ini lebih cepat dari waktu di atas.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Talaud, Frets Latjandu SP mengatakan, Pantai Awananna merupakan salah satu pariwisata tradisional desa Kiama. Pemkab Talaud melalui Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip SE telah melihat dalam kunjungan langsung, bahwa pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa tetapi perlu ada sentuhan fisik pembangunan infrastruktur, untuk menjadikan pantai ini lebih memikat lagi para wisatawan.

"Nah melalui pantauan Bupati ini, sehingga dianggarkan dalam APBD sekitar 2,9 Miliar waktu lalu," ujar Juru Bicara Pemkab.


Lokasi Objek Wisata Pantai Awananna dari beberapa sudut. /Red

Latjandu menambahkan, dengan pembangunan infrastruktur ke daerah wisata maka sesuai dengan rencana Pemkab Talaud untuk memperkenalkan wisata Talaud terwujud.

"Tahun 2018 Pemkab Talaud berharap Pariwisata di Talaud dapat memacu majunya perekonomian masyarakat," tandasnya.

Selain menampilkan pesona alamnya, laut yang ada di depan lokasi tersebut menjadi lokasi bermainnya sejumlah ikan Hiu.

"Pada bulan tertentu, ada sepasang ikan Gorango (Hiu, red) yang senang bermain di sekitar lokasi ini. Saat kami berenang dan memancing di laut, sering juga bertemu dengan Gorango, tetapi mereka tidak mengganggu kami," ungkap Andy L. Pusut, salah seorang pengunjung.

Senada dengan Pusut, warga desa Kiama Maredaren James B. Binei SIP mengatakan, lokasi ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang menarik dan memikat mata para wisatawan, belum lagi ditambah dengan sejuknya dan segarnya angin yang tidak bisa dinikmati di perkotaan.

"Hampir setiap hari, objek wisata pantai Awananna selalu dikunjungi dan menjadi tempat santai sejumlah kalangan, baik warga sekitar maupun dari wilayah lainnya," katanya. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 02 April 2017 , , ,

0 komentar for "Destinasi Objek Wisata Pantai Awananna di Talaud, Menarik Untuk Dikunjungi Wisatawan"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional