Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Dalam FP3A, Mieke Ungkap Setengah Penduduk Sulut Tanggung Jawab DP3A

Manado, detiKawanua.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulut mencatat dari data total jumlah penduduk di Provinsi Sulut 2.412.188 jiwa, yang terbagi atas 49 persen perempuan dan 51,02 persen laki-laki, setengahnya (total penduduk,red) menjadi domain tanggung jawab dari DP3A, yang didalamnya termasuk anak-anak. Hal tersebut diungkapkan Kepala DP3A, Ir Mieke Pangkong dalam kegiatan Forum P3A Provinsi Sulut yang menghadirkan para anggota yang telah di SK-kan Gubernur Nomor 63 Tahun 2017, Jumat (28/04) pagi tadi di Aula DP3A Sulut.

Lanjut Mieke bahwa, tujuan dari forum tersebut nantinya selain menidaklanjuti terkait PP Nomor 16, dikatakannya pula disamping tupoksi DP3A juga apa yang dinamakan dengan SDG's yang sekarang sudah ada dan itu sejak 2015 sampai 2030 yang akan datang dengan 17 tujuan/Gold yang menjadi kesepakatan dunia termasuk Indonesia. Terkait SDG's untuk DP3A itu terdapat pada Gold ke-5 yakni, kesejahteraan dan kesetaraan Gender.

"Ada 6 urusan DP3A, yakni, kwalitas hidup perempuan, perlindungan, kualitas keluarga, sistem data gender dan anak, pemenuhan hak anak, dan perlindungan khusus anak. Yang juga nantinya menjadi tanggung jawab dari forum P3A ini," terangnya.

Dikatakannya juga bahwa isu gender dan anak merupakan isu lintas sektor/bidang dan disiplin ilmu terkait juga dengan prorgram Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yang terlebih kepada lanjut usia (Lansia). Oleh karenanya, forum itu sangat bermanfaat bagi semua lini.

"Diharapkan forum ini bisa menjadi tempat bahan kajian dan masukan-masukan untuk bermanfaat bagi masyarakat. Dimana juga terdapat kerja sama dengan berbagai elemen yang nantinya bisa menjadi bahan acuan untuk kita membuat formula-formula dalam melaksanakan program kerja di Dinas P3A," ujarnya.

Sementara itu Peraturan Gubernur Nomor 60 tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi tupoksi serta tata kerja DP3A. 

"Hal itu dikarenakan dahulu masih status Badan dan sekarang dari OPD baru beralih Dinas dan juga struktur organisasi dengan 5 Bidang dan 15 Sub Bagian/Seksi," tandas Mieke yang didampingi Sekertaris DP3A Sulut, Jouke Kairupan SE.

Hadir pula Ketua Forum P3A, Pdt Refly Pesak, Pdt Makisanti Tamuntuan, unsur Pusat Studi dari Unima dan Unsrat Manado serta sejumlah unsur Media dan Usaha yang tergabung dalam Forum P3A Provinsi Sulut.

(IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 28 April 2017 ,

0 komentar for "Dalam FP3A, Mieke Ungkap Setengah Penduduk Sulut Tanggung Jawab DP3A"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional