Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Buka Seminar Budaya 3 Etnis Mitra, JS Minta Jangan Sekedar Seremoni

Bupati James Sumendap saat membuka Seminar Budaya. 

Mitra, detiKawanua.com - Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, menegaskan Budaya sangatlah penting dan merupakan otak dari sejarah, hal tersebut di ungkapkan Bupati saat membuka Seminar Budaya, Senin (10/04), di Green Garden Ratahan.

"Sangat penting bagi kita untuk menggali potensi budaya yang didalamnya terdapat kekayaan luar biasa baik bahasa maupun adat istiadat," ungkap Sumendap.

JS, sapaan akrab bupati James Sumendap, juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten sangat memperhatikan dan berusaha untuk terus melestarikan budaya yang ada di Mitra, sehingga diharapkan seminar kali ini mampu menghasilkan hasil positif bagi generasi penerus budaya di Mitra, yang memiliki tiga suku baik Pasan, Ponosakan dan Tonsawang.

"Saya harap ini tidak sekedar seremonial tapi bagaimana dapat menurunkan kepada generasi muda terlebih di era globalisasi yang bisa menurunkan kecintaan dan perhatian di bidang budaya," tegas JS.

Menurut Bupati, sangatlah penting untuk mengingatkan kepada generasi muda yang nantinya dipersiapkan melestarikan setiap budaya yang merupakan jati diri Mitra.

"Setiap generasi harus paham budaya yang ada, karena pelestarian budaya diatur dan menjadi prioritas bangsa bahkan dunia," tuturnya.

Lebih lanjut dirinya juga mengharapkan, seminar ke depannya yang menghasilkan budayawan mampu mempererat tali silahturahim sehingga terus mempersatukan masyarakat Mitra 

"Hasil seminar harus dilokakaryakan sehingga bisa ditindaklanjut lebih jauh, sehingga menciptakan budayawan dan tokoh pemerhati adat," cetusnya.

Sementara itu, Kadis Disparbud Mitra, Desten Katiandago SH dalam laporan mengatakan, tujuan digelar seminar dengan tema 'Menapaki Adat dan Budaya Minahasa Tenggara' guna menyatukan persepsi etnis di Mitra, terutama bahasa daerah yang mulai terkikis hilang di Mitra.

"Kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan, sehingga lebih mengerti adat budaya serta mampu melestarikan kekayaan budaya mitra," pungkasnya. (Indri) 

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 10 April 2017 , ,

0 komentar for "Buka Seminar Budaya 3 Etnis Mitra, JS Minta Jangan Sekedar Seremoni"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional