Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Bantuan Bibit Cengkeh dan Holtikultura Kelompok Tani Segera Tersalur

Kepala Dispertanak Boltim,  Ramlah Mokodompis. 

Boltim, detiKawanua.com - Bantuan Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Boltim untuk para petani, saat ini sedang dalam proses dan sebagian sudah tersalur beberapa bulan kemarin.

Untuk bantuan kelompok tani, kata kepala Dispertanak Boltim Ramlah Mokodompis, saat ini ada benih tanaman holtikultura di kecamatan Mooat dan Modayang. Dalam waktu dekat kita akan realisasikan.

"Bantuannya berupa Kentang, Bawang Merah, dan Jahe kepada puluhan kelompok tani di Modayag dan Mooat. Itu kemungkinan bulan Mei segera disalurkan. Anggarannya  APBD senilai Rp 580 juta," terang, Ramlah. 

Ramlah juga menuturkan, bulan kemarin pihaknya sudah salurkan 350 pohon bibit Cengkeh, di kecamatan Nuangan di desa Bai. Itu APBD provinsi. Sedangkan tahun ini, bibit Cengkeh teruntuk kelompok petani di Boltim, ada sekitar 14 ribu pohon.

"Terdapat sepuluh kelompok yang nantinya akan mendapatkan 14 ribu bibit pohon Cengkeh, namun saat ini masih dalam proses. Jika tak ada aral melintang, kemungkinan bulan depan disalurkan. Anggarannya APBD sebesar Rp 445 juta, guna sambung pucuk Kakao 5 kelompok tani, bibit Pala 7 kelompok, serta 10 kelompok tani mendapat bibit Cengkeh. Produk unggulan kita di Boltim termasuk Cengkeh dan Kelapa juga," ungkap Dia kepada sejumlah awak media, Selasa (25/04). 

Lanjutnya, diimbau kepada para kelompok tani, agar bisa memanfaatkan bantuan pemerintah semaksimal mungkin, supaya bisa meningkatan kesejahteraan, pendapatan dan juga guna menopang kehidupan para petani. 

"Ini memang upaya pemerintah untuk membantu kelompok tani. Jadi, manfaatkanlah bantuan yang sudah tersalur sebaik mungkin," imbau Ramlah, siang tadi saat disambangi di ruang kerjanya. (Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 25 April 2017 ,

0 komentar for "Bantuan Bibit Cengkeh dan Holtikultura Kelompok Tani Segera Tersalur"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional