Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

2052 Peserta POPDA dan Lomba Kesenian Bertarung di Kecamatan Salibabu, Manalip: Tingkatkan Sportifitas dalam Pelaksanaan POPDA Ini

Bupati Sri Wahyuni Manalip saat membuka Pelaksanaan POPDA dan Lomba Kesenian Tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud di Kecamatan Salibabu. /Red

Talaud,  detiKawanua.com - Sesuai dengan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional yang menegaskan bahwa pembangunan nasional di bidang keolahragaan bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportifitas, disipilin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan Bangsa, memperkokoh Ketahanan Nasional serta mengangkat harkat, martabat dan kehormatan Bangsa; sehingga Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora) meyelenggarakan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) dan Lomba Kesenian Tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud, yang pelaksanaannya dimulai dari tanggal 19 April s/d 2 Mei 2017 di Kecamatan Salibabu.

Sejarahnya, kegiatan POPDA dan Lomba Kesenian di Kabupaten Talaud ini dilaksanakan 2 Tahun sekali yang dimulai sudah sejak 2008 di Nanusa, 2010 di Kabaruan, 2012 di Gemeh, 2014 di Moronge, 2016 di Rainis. Sesuai dengan Instruksi Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE pada acara POPDA ke-5 di Kecamatan Rainis tahun 2016 lalu, bahwa POPDA harus dilaksanakan setiap tahun, dengan maksud pembinaan prestasi dari setiap jenjang sekolah dapat berkesinambungan, sekaligus pembinaan tersebut dapat terukur. Sehingga melalui instruksi tersebut, Dinas Dikpora Talaud menjawab instruksi tersebut dengan melaksanakan POPDA yang ke-6 tahun 2017 di Kecamatan Salibabu.

Bupati Sri Wahyuni Manalip tengah memasuki lapangan Pembukaan POPDA dan Lomba Kesenian Tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud. /Red

Pembukaan kegiatan POPDA ke-6 ini dilaksanakan di Lapangan Nyiur Melambai Desa Salibabu Utara Kecamatan Salibabu, Rabu (19/04). Dihadiri oleh Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE, Forkopimda, Anggota DPRD Talaud, Sekdakab Talaud Ir. Adolf Binilang ME, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kepulauan Talaud DR. Imen Dj. Manapode SPd MPd, Pejabat Eselon II, III dan IV Jajaran Pemkab Talaud, Kepala Desa se-Kecamatan Salibabu, jajaran Polsek Lirung, Jajaran Puskesmas Salibabu dan masyarakat kecamatan Salibabu serta ribuan Atlet/Peserta dan Official/Pelatih.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE mengatakan, dalam setiap pertandingan tetap ada menang atau kalah. Tetapi yang terpenting dalam ajang ini adalah kiranya rasa persaudaraan akan tumbuh di sesama atlet, pelatih, panitia penyelenggara bahkan masyarakat kecamatan Salibabu.

"Saya mengimbau kepada seluruh atlet, pelatih dan panitia, agar meningkatkan sportifitas dan semangat yang tinggi," kata Manalip.

Foto bersama Bupati Sri Wahyuni Manalip, Kadisdikpora Talaud Imen Dj. Manapode, dan Peserta, seusai pembukaan. /Red 

Lanjut Manalip, POPDA ini merupakan ajang olahraga bagi pelajar, yang nantinya setiap juara di cabang  olahraga yang dilombakan akan dibawa ke tingkat Provinsi ataupun Nasional.

"Perkembangan atlet-atlet Talaud harus terus dipacu dengan memberikan semangat yang tinggi, dan Pemerintah Daerah terus berupaya dalam menunjang atlet-atlet daerah yang berbakat dengan memberikan bantuan khusus atau sarana prasarana penunjang dalam peningkatan ketrampilan dari masing-masing atlet di Tanah Porodisa ini," ujar Manalip.

Nampak Defile Peserta POPDA dan Lomba Kesenian Tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud. /Red

Sementara itu, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kepulauan Talaud DR. Imen Dj. Manapode SPd MPd menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu ajang bagi Siswa/Pelajar se-Kabupaten Talaud untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan minat bakat serta prestasi olahraga dan kesenian, bahkan terpenting lagi lewat POPDA ini terjalin rasa persatuan dan kesatuan dengan semangat persaudaraan dan persahabatan di antara sesama atlet. Selain itu juga, kegiatan ini bertujuan untuk menjaring atlit berprestasi yang nantinya akan mengikuti event tingkat Provinsi dan Nasional pada kegiatan O2SN.

"Saya berharap semua stakeholder yang terkait dalam kegiatan ini dapat sepenuhnya bekerja sama untuk mensukseskan kegiatan akbar ini," sebut Manapode kepada detiKawanua.com.

Foto bersama Kadisdikpora Talaud, Sekdisdikpora Talaud dan Panitia Penyelenggara. /Red

Diketahui, kegiatan POPDA 2017 kali ini akan diikuti oleh Siswa/Pelajar dari SD dan SMP dari 19 kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Talaud, yang pesertanya tiap cabang olahraga tiap Kecamatan sebagai berikut:

I. POPDA
1. Tingkat SD
a. Atletik 2 Putra dan 2 Putri : 4 Orang
b. Bola Voly Putri : 8 Orang
c. Sepak Bola Mini Putra : 10 Orang
d. Bulu Tangkis Putra/Putri : 2 Orang
e. Karate Putra/Putri : 8 Orang
f. Silat Putra/Putri : 6 Orang
g. Catur Putra/Putri : 2 Orang
h. Tenis Meja Putra/Putri : 2 Orang
Jumlah : 48 Orang

Bupati Manalip menyalakan Obor sebagai tanda dimulainya POPDA dan Lomba Kesenian Tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud. /Red

2. Tingkat SMP
a. Atletik Putra dan Putri : 4 Orang
b. Bola Voly Putra dan Putri : 20 Orang
c. Sepak Bola Putra : 15 Orang
d. Bulu Tangkis Tunggal Putra/Putri : 2 Orang
e. Karate Putra/Putri : 8 Orang
f. Pencak Silat Putra dan Putri : 6 Orang
g. Catur Putra dan Putri : 2 Orang
h. Tenis Meja Putra dan Putri : 2 Orang
Jumlah : 59 Orang
Total setiap Kecamatan : 101 Orang

II. LOMBA KESENIAN
1. Bintang Vokalia Tingkat SD : 1 Orang
2. Bintang Vokalia Tingkat SMP : 1 Orang
3. Vokal Grup Tingkat SMP : 5 Orang
Jumlah : 7 Orang

Bupati Talaud foto bersama peserta usai pembukaan POPDA dan Lomba Kesenian tingkat kabupaten yang dipusatkan di Kecamatan Salibabu. /Red

Sehingga, dari 19 kecamatan, peserta yang nantinya akan berlomba berjumlah sekitar 2052 Orang. Rencananya juga, kegiatan ini akan ditutup pada 2 Mei 2017 mendatang, sekaligus dilaksanakan penyerahan hadiah bagi peserta yang mendapat juara. (Adv/Rhojak)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 20 April 2017 , , , ,

0 komentar for "2052 Peserta POPDA dan Lomba Kesenian Bertarung di Kecamatan Salibabu, Manalip: Tingkatkan Sportifitas dalam Pelaksanaan POPDA Ini"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional