Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Membuka Seminar Ini, Gubernur Katakan Berita Hoax Jadi Perhatian Presiden

Manado, detiKawanua.com - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam membuka kegiatan seminar dikalangan insan pers/jurnalis bertema 'Jurnalis Sehat Tangkal Hoax' sekaligus melauching Media Sosial (Medsos) Twitter, Faccebook dan Instragram milik pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut melalui Dinas Informatika, Persandian dan Statistik (DIPS) yang berlangsung di ruang CJ Rantung Kantor Gubrrnur, pada Kamis (06/03) pagi tadi. Dalam sambutannya Gubernur mengatakan informasi sekarang ini begitu cepat peredarannya di media sosial dan berita Hoax (isi informasi tidak benar,red) menjadi salah satu perhatian khusus dari Presiden RI Joko Widodo.

"Diakui media online (di Medsos) sudah ada dimana-mana yang tentunya pembacanya juga bukan hanya di dalam negara saja namun di mancanegara. Ini dikarenakan kemajuan zaman di era digital juga sekarang ini," kata Olly.

Oleh karena itu dikatakanya dengan hadirnya salah media online di medsos dari pemerintahan provinsi pada hari ini (Kamis,red) bertugas untuk menginformasikan kepada masyarakat interaktiv dengan pemerintah. 

"Tentunya dengan sepengetahuan Gubernur karena berhubungan dengan pemerintahan," ujarnya, sembari mengatakan berjamurnya media online yang belum bersertifikasi dan menyebar berita hoax pada akhirnya berkonsekwensi hukum.

Sementara itu dalam laporan Kepala Dinas Informatika Persandian dan Statistik (DIPS) Provinsi Sulut, Roy M Tumiwa, tujuan kegiatan ini juga sesuai dengan perkembangan jaman pada medsos sebagai informasi digital, yang dimana tanpa disadari juga telah banyak terjadi penyalahgunaan terhadap manfaat Medsos.

"Terlebihnya dalam pemberitaaan itu ada182 juta masyarakat Indonesia menggunakan Internet dan 94 persennyaa pengguna medsos, dan untuk kalangan PNS masuk urutan empat tidak menutup kemungkinan dengan di Sulawesi Utara," terang Tumiwa, sembari berharap para peserta yang mengikuti dalam seminar ini setelah keluar dari tempat ini (seminar) sudah tidak lagi terpengaruh dengan berita-berita hoax.

Adapun diakhir kegiatan oleh perwakilan jurnalis diantaranya, Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) oleh Budi H Rarumangkay media Sulutonline.com, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) di Sulut, Amanda Komaling media METRO TV, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Voucke Lontooan, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Sulut, Joseph Ikanubon media Liputan 6/SKH METRO. Hadir juga dalam kegiatan tersebut para anggota JIPS, unsur TNI/Polri dan Kepala SKPD lingkup Pemprov Sulut. (IsJo)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 16 Maret 2017 , ,

0 komentar for "Membuka Seminar Ini, Gubernur Katakan Berita Hoax Jadi Perhatian Presiden"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional