Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Kukuhkan 1673 Wisudawan Unima, Runtuwene: Jadikan Belajar Sebagai Way of Life

Nampak Rektor Runtuwene sebelum prosesi wisuda 1673 mahasiswa Unima Tondano. /Ist

Minahasa, detiKawanua.com - Sebanyak 1.673 wisudawan Universitas Negeri Manado (Unima) Tondano dikukuhkan Rektor Unima Prof DR Julyeta PA Runtuwene MS DEA di Sutanraja Hotel, Rabu (15/03) kemarin.

Prosesi wisuda yang digelar dalam Sidang Senat Terbuka tersebut, turut diwisuda lulusan magister (S2), sarjana (S1) dan diploma (SO) semester genap tahap l tahun akademik 2016/2017.

Dalam sambutannya, Rektor Unima menyampaikan, Unima merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi  yang menjadi kebanggaan pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara. "Dalam kapasitas, maka Unima mampu menjadi pendorong kemajuan pendidikan di Sulut dengan menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang siap mengabdikan ilmu dan kemampuan yang dimiliki demi pembangunan serta kemajuan bangsa dan daerah ini," ujar Runtuwene.

Sejalan dengan hal tersebut, lanjut Runtuwene, Unima harus menjadi pelopor dalam pengembangan kreativitas dan inovasi sumberdaya manusia (SDM) guna berbagai perkembangan dan perubahan yang terjadi di masyarakat.

"Hal ini penting untuk dimaknai, karena saat ini, kita hidup di era globalisasi yang sarat dengan dinamika kehidupan yang kompleks. Terkait dengan itulah, kepada lulusan Unima perlu saya sampaikan, agar terus meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pendidikan antara lain dengan peningkatan sarana dan prasarana serta berbagai aspek penunjang lainnya, guna mencetak dan mempersembahkan kader-kader masa depan bangsa yang berkualitas dan mampu menjawab tuntutan perubahan zaman," urai istri Walikota Manado GS Vicky Lumentut ini.

Lebih lanjut, dikatakan Runtuwene, kepada wisudawan diharapkan agar tidak berpuas diri dengan prestasi yang diraih saat ini, tetapi justru menjadikan prestasi saat ini sebagai pemicu sebagai pengembangan diri ke depan. 

Karenanya, menurut Rektor, begitu banyak peluang yang terbuka di hadapan kita, tetapi semuanya memerlukan perjuangan dan kerja keras untuk meraihnya. Karena itu, kesiapan diri merupakan faktor penting bagi lulusan baru untuk memasuki era persaingan ke depan.

"Banyak selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan bersama keluarga. Dan mulai saat ini, jadikanlah proses belajar itu sebagai the way of life," sampainya.

Selanjutnya, Runtuwene mengajak segenap hadirin yang hadir dalam acara wisuda tersebut, untuk senantiasa memberikan dukungan positif terhadap berbagai agenda pemerintah daerah yang sedang dan yang akan dilaksanakan demi terwujudnya Sulut yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya.

Dalam sidang terbuka yang diawali dengan doa oleh Ketua BPMS GMIM Pdt HWB Sumakul ‎ini, wisudawan terbaik tahap I ini adalah Rivaldo Tumbelaka SPd sebagai lulusan jurusan Fisika FMIPA dengan gelar cumlaude, indeks prestasi mencapai 3.90 lulus dan menyelesaikan pendidikan kurun waktu 3,5 tahun.

Adapun rincian wisudawan kali ini adalah sebagai berikut: 408 dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), 244 dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), 200 dari Fakultas Teknik (Fatek), 284 dari Fakultas Ekonomi (Fekon), 270 dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), 216 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan 130 Pasca Sarjana.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kadis Pendidikan Provinsi Sulut Asiano Gammy Kawatu mewakili Gubernur, Letkol Maurits Komaling, Ketua BPMS Pdt H.W.B. Sumakul, wisudawan bersama orangtua.

(*/Sandy)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 16 Maret 2017 , ,

0 komentar for "Kukuhkan 1673 Wisudawan Unima, Runtuwene: Jadikan Belajar Sebagai Way of Life"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional