Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Wirausaha Baru di Sangihe Siap Tunjang Program OD-SK, Wagub: Demi Kesejahteraan Masyarakat

Sulut, detiKawanua.com - Salah satu program kegiatan pelatihan kewirausahawan yang diselenggarakan pemerintah provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulut yakni catering dan pembuatan kue yang diikuti 250 orang peserta di se-Kabupaten Sangihe yang sudah selesai pada Jumat (10/02). Di mana melalui Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw yang resmi menutup kegiatan tersebut yang sekaligus menyerahkan bantuan peralatan katering dan pembuat kue kepada peserta serta uang tunai Rp350 ribu (pengganti transportasi, red) kepada para peserta.

Wagub Kandouw dalam sambutannya bahwa tujuan dari kegiatan yang telah berlangsung selama 5 hari tersebut merupakan bagian program dari Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK) untuk menciptakan para wirausaha baru dan handal.

"Ini untuk mendorong masyarakat untuk mengelolah sumberdaya daya alam demi kesejahteraan masyarakat. Masyarakat diajak untuk bisa mandiri bekerja agar dapat hidup layak melalui usaha-usaha yang produktif diharapkan mampu meningkatkan pendapatan keluarga yang pada gilirannya mampu menyiapkan anak-anak untuk bersekolah. Selain itu juga tujuannya membantu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Sangihe," terang Wagub yang saat itu juga didampingi Pj Bupati Sangihe, John Palandung dan Kepala Disnakertrans Sulut, Erni Tumundo, di Rumah Jabatan (Rujab) Pendopo Bupati Sangihe.

Sementara itu dalam laporan Kepala Dinsakertrans Sulut, Tumundo mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah kegiatan di wilayah Kepukauan Kabupaten Sangihe diantaranya, Balai pengembangan produktiv daerah dengan kegiatan diantaranya pelatihan catering dan pembuatan kue di Tahuna Barat, Tahuna dan Tahunan Timur. Untuk tahap II digelar di Tabukan Utara dan Tengah, Manganitu serta Tamako.

"Untuk Balai Latihan Kerja (BLK) yang rencananya selesai tanggal 13 Februari yang dilaksanakan di Kecamata Tahuna timur (latihan mtr tempel dan menjahit), Kecamatan Tahuna Barat (lat las listrik, Beha dan Akimbawe, listrik instalasi dan Akimbawe), Kecamatan Tamako (komputer dan menjahit, latihan listrik dan instalasi di Desa Pananaruh) di Kecamatan Tabukan Tengah (latihan menjahit di Desa Sensong, komputer di Desa Bunga Lawang, latihan sablon di Desa Kuma I, Bira, Kuma dan di Kecamatan Manganitu, bangunan meubel di Desa gunung," terang Tumundo, yang juga menambahkan menga pelatihan ketrampilan tersebut selama 240 jam. 

Diketaui kegiatan pelatihan tersebut dibagi untuk 10 kelompok masing-masing kelompok 25 orang dan total keseluruhan 250 peserta.
     
Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 12 Februari 2017 , , , ,

0 komentar for "Wirausaha Baru di Sangihe Siap Tunjang Program OD-SK, Wagub: Demi Kesejahteraan Masyarakat"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional