Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Wagub Beber Masalah Imigrasi dan Angkasa Pura I di Hadapan Menpar RI...

Jakarta, detiKawanua.com - Dihadapan Menteri Pariwisata RI, Arif Yahya dan para undangan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektor Program Transport - Tourism 'Stimulus Packge' yang dihadiri 18 Gubernur/perwakilan bertempat di Balairung Soesilo Soedarman Kemenpar di Jakarta, Senin kemarin. Oleh Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw mewakili Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dalam rakor tersebut telah membeberkan sejumlah data masalah terkait pariwisata yang berkaitan dengan PT. Angkasa Pura (AP) I dan pihak Imigrasi Wilayah Manado.

Wagub pada intinya meminta pihak Kementerian terkait untuk memperhatikan permasaalahan di dua lembaga (Imigrasi dan PT. Angkasa Pura I) itu karena berdampak kerugian pada sektor kemajuan pariwisata di Sulawesi Utara.

"Sekarang ini yang jadi masalah dukungan dibawah atau Downhandling, yang lebih parahnya lagi bagian Imigrasinya. Turis tiba datang (di Bandara,red) dibawah jam 6 pagi akan tetapi Imigrasinya datang nanti jam 8 pagi, jadi ada sekitar 2,5 jam turis itu harus berdiri menunggu didepan kantor (Imigrasi,red)," kata Wagub.

Begitupun halnya dengan PT. Angkasa Pura I yang dinilai sudah tidak ada kepedulian atau statnan. Dimana menurut Kandouw pada tahun 2017 ini sudah tidak ada ekspansi yang terkesan hanya ingin keuntungannya saja.

"Nanti jangan disalahkan kalau pak Gubernur melobi ke pemerintah pusat agar bandara Sam Ratulangi jangan dikasih lagi PT Angkasa Pura I tapi diambil alih lagi Departemen Perhubungan biar APBN bisa masuk karena kalau Angkasa Pura I tidak bisa dapat APBN. Logikannya tidak nyambung, tambah banyak rencana kerja AP I tapi tidak ada ekspansinya," terangnya.

Dimana pada akhirnya kata Wagub, karena bandara (Sam Ratulangi,red) dipakai bersama dengan pihak Angkatan Udara (AU) untuk pangkalan udara, kemudian melakukan langkah lobi-lobi anggaran ke Departemen Pertahanan untuk perluasan pangkalan udara.

"Ini kan lucu, yang dapat uang bisa keuntangan AP I tapi tidak mau eskpansi. Rencana ini bisa bubar jalan semua kalau koordinasi pemerintah pusat seperti ini, 'Manis di Mulut Lain Dihati'. Ini betul pak, karena sampai sekang saya tanyakan ke Komisi V DPRD memang tidak ada rencana ekpansi atau investasinya (AP I)," tegas Wagub, sembari menambahkan kalau sudah tidak mampu ada langkah kerjasama dengan pihak perusahaan besar lain yang akan bekerjasama.

Diketahui dalam rakor tersebut hadir pula 18 Gubernur di Indonesia serta perwakilannya.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 21 Februari 2017 , , ,

0 komentar for "Wagub Beber Masalah Imigrasi dan Angkasa Pura I di Hadapan Menpar RI..."

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional