Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Tunjang Perekenomian Nelayan, Pemkab Talaud Akan Maksimalkan Sarana Perikanan

Kepala Dinas Perikanan Talaud, Ir Leida Dachlan ME.

Talaud, detiKawanua.com - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Talaud Ir Leida Daclan ME kepada detiKawanua.com mengatakan, bahwa pihaknya sudah koordinasikan dengan pihak Pemerintah Pusat - Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk memaksimalkan pemanfaatan sarana perikanan yang sudah dibangun di Kabupaten Talaud.

Dalam pertemuan yang digelar kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, tepatnya di ruang Dirjen Penataan Ruang Laut Brahman Tyo yang turut didampingi oleh Anggota Komisi II DPRD Talaud, membicarakan mengenai pengembangan sektor perikanan di kabupaten Talaud.

Adapun dalam pertemuan tersebut, yang menjadi fokus pembicaraan adalah mengenai pemanfaatan sarana perikanan yang dibangun di Talaud namun belum dimanfaatkan, seperti PPI yang ada di desa Dalum, kecamatan Salibabu, dan di desa Beo, kecamatan Beo berupa cold storage juga freezer sebagai penghasil es.

Kadis Leida juga mengatakan, untuk menunjang perekominan warga, Dirjen Tata Ruang Laut akan segera melajukan peninjauan lapangan di awal Februari 2017 mendatang. Secepatnya sarana tersebut bisa dimanfaatkan, mengingat sebagian besar penduduk Talaud berprofesi sebagai nelayan.

"Intinya, pihak Pemkab bersama Dekab mendesak pemerintah pusat untuk segera meninjau lapangan, sehingga sarana yang ada bisa dimanfaatkan segera dan proses tersebut bisa ditindaklanjuti hingga ke tahap produksi, guna menunjang perekonomian para nelayan di kabupaten Talaud," jelas Dachlan.

Lanjut katanya, langkah-langkah yang sudah dilakukan pihak pemda adalah suatu upaya untuk meningkatkan sektor perikanan sebagai sektor unggulan di kabupaten Talaud.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Talaud, Max FM Lua menguraikan, bahwa kunjungan yang dilakukan beberapa waktu lalu merupakan bukti sinergitas Pemkab dan Dekab dalam memperjuangkan peningkatan taraf hidup masyarakat Talaud, karena mengingat perikanan laut nerupakan sektor unggulan di kabupaten Talaud.

"Intinya, Pemkab dan Dekab Talaud mendesak pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, untuk segera memanfaatkan sarana yang sudah ada dan membangun sarana penunjang lainnya, sehingga para nelayan di Talaud bisa menikmati kesejahteraan hidup," tandas Lua.

Diketahui, pertemuan antara Pemkab dan Dekab Talaud di Kementerian Kelauatan dan Perikanan, dipimpin langsung oleh Dirjen Penataan Ruang Laut dan dilanjutkan pembahasannya oleh Direktur Jasa Kelautan Rianto Basuki. Sementara, sampai saat ini Pemkab Talaud sudah membentuk Tim Penanganan Sarana Kalautan dan Perikanan untuk mengawasi pemanfaatan sarana perikanan yang ada. 

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 08 Februari 2017 ,

0 komentar for "Tunjang Perekenomian Nelayan, Pemkab Talaud Akan Maksimalkan Sarana Perikanan"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional