Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Tinjau Aset Pariwisata Minahasa, Tumundo: Pengembangannya Akan Koordinasi dengan Disparbud Sulut

Kadisparbud Minahasa dan jajaran saat berada di Obyek Wisata Watu Pinawentengan.

Minahasa, detiKawanua.com - Peninjauan lokasi wisata dan budaya di wilayah Kabupaten Minahasa yang dilakukan oleh Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi dan jajarannya di wilayah Kecamatan Kawangkoan Utara, Kecamatan Tompaso Barat dan Kecamatan Tompaso pada Jumat (10/02) pagi hingga sore tadi, menghasilkan kepastian akan dikembangkan sarananya.

Diawali dengan meninjau lokasi wisata dan budaya di Desa Kayuuwi dan Desa Kanonang di Kecamatan Kawangkoan Barat, Plt Kadis Budpar Agustivo Tumundo didampingi oleh Plh Sekdis Jimi Pinangkaan SE MSi, Kabid Pariwisata Ir Diane Najoan, Kabid Kesenian Dra Letty Purukan dan beberapa Kepala Seksi dan staf-nya, disambut langsung oleh Camat Kawangkoan Barat Johnny Tendean AP MAP dan Hukum Tua Desa Kayuuwi Willem A Rantung serta para stafnya.

Di Desa Kayuuwi, Tumundo dan jajarannya meninjau situs budaya Waruga Opo Waraney, kemudian meninjau akses jalan menuju objek wisata Air Terjun Kayuuwi. 

"Akses jalan menuju objek Air Terjun Kayuuwi masih rusak, Pemerintah Desa dan Kecamatan setempat harus segera mengajukan untuk dibuat akses jalan ini" ungkap Tumundo. 

Diakui mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Minahasa ini, objek wisata Air Terjun Kayuuwi cukup bagus pemandangannya sehingga patut dikembangkan. 

Selesai di Desa Kayuuwi, Tumundo dan rekan-rekannya melanjutkan kunjungan di objek wisata Bukit Kasih Kanonang. 

"Selama dua jam di Bukit Kasih, kami menyaksikan langsung banyak wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini. Ini merupakan kenyataan yang patut disyukuri, ternyata objek wisata di Minahasa ini telah banyak diminati oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri" kata Tumundo. 

Selanjutnya, Tumundo dan rombongan melakukan kunjungan di objek wisata dan budaya di Watu Pinabetengan di Desa Pinabetengan, yang disambut langsung oleh Camat Tompaso Barat Engelbert Raintung SE beserta Sekcam dan jajarannya. 

Di lokasi tersebut, Tumundo melihat langsung cukup banyak masyarakat dari berbagai tempat di Sulut ini datang dengan menggunakan kendaraan pribadi dan bus umum. 

Tumundo mengakui kalau lahan parkir di lokasi yang telah dijadikan Cagar Budaya oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI ini, masih terlalu sempit. 

"Sempitnya lahan parkir di objek wisata dan budaya ini telah menjadi perhatian Pemerintah, sehingga dipastikan perluasan sarana parkir di lokasi ini dapat dibangun segera." kata Tumundo. 

Selesai di Watu Pinawetengan, Tumundo dan rombongan melanjutkan peninjauan di objek wisata dan budaya situs Waruga di Desa Sendangan Kecamatan Tompaso.

Di lokasi ini tampak puluhan situs Waruga yang dikumpul dan tertata dengan baik serta teratur sehingga pihak Disbudpar Minahasa bertekad untuk mengembangkannya.

"Jalan masuk menuju lokasi kompleks Waruga ini masih perlu diperbaiki lagi, kemudian sarana parkir-nya juga perlu dikembangkan lagi" ungkap Tumundo. 

Disebutkan Tumundo, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sulut agar dapat mengembangkan sarana-sarana yang bisa dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Sulut, dan akan melaporkan kepada Bupati Minahasa hasil peninjauannya, untuk diajukan pengembangan berbagai sarana wisata dan budaya di Minahasa itu.

(*/Sandy)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 10 Februari 2017 , ,

0 komentar for "Tinjau Aset Pariwisata Minahasa, Tumundo: Pengembangannya Akan Koordinasi dengan Disparbud Sulut"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional