Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Sukses Gelar Dua Kegiatan Adat Kabupaten, Tokoh Adat Apresiasi Pemkab Talaud dan Jajaran

Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE (foto atas), Kadisbudpar Ronal Izaak AP M.Si (foto bawah).

Talaud, detiKawanua.com - Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE (SWM) yang dengan semangat persatuan dan kesatuan menjalin kerjasama dan kebersamaan yang kuat dengan Pentua Adat dan Warga Adat se-Talaud. Buktinya dalam kegiatan adat beberapa kali dilakukan di Kecamatan bahkan dua kegiatan besar di Kabupaten, SWM sering menempatkan dirinya sebagai pemimpin yang sangat membangun dan patut dicontohi kepemimpinannya.

Selain Bupati SWM, salah satu Dinas Penyelenggara teknis kegiatan Adat di Talaud yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang dinakhodai oleh Ronal Izaak AP MSi. Dengan berjalannya 34 Hari Kepemimpinan dan sukses melaksanakan kegiatan Adat seperti Forum Dialog Kebudayaan Seluruh Pentua Adat se- Kabupaten Kepulauan Talaud pada Kamis (02/02), dan disusul dengan kegiatan Tradisi Adat Mandurugu Tonna Tingkat Kabupaten pada Jumat (03/02), yang bertempat di Lapangan Sangkundiman Melonguane Barat serta banyak menghadirkan ribuan warga Talaud dari 19 Kecamatan di Kabupaten kepulauan Talaud.

Sementara itu, Ratum Banua Desa Alo Utara Josias Larenggam mengatakan, sangat mendukung dan berterima kasih atas kegiatan yang terselenggara dengan penuh hikmat dan merupakan hasil kerja keras dari Pemda Talaud bersama dengan adat. Kegiatan ini memang pada dasarnya untuk memberikan pendidikan tradisi dari leluhur kita agar generasi setelah kita dapat mempelajari dan melestarikan sejarah budaya yang dilaksanakan oleh semua rakyat Talaud.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE, yang telah berupaya semaksimal mungkin. Sehingga hasilnya sangat baik walaupun masih ada sedikit kesalahan, tapi itu tidak menutup kemungkinan bahwa dua kegiatan adat ini sangat menarik untuk dipahami, dipelajari serta patut dilestarikan oleh kita semua, dan apalagi sangat berguna untuk generasi muda," ucap Larenggam.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Lembaga Adat Kabupaten Talaud Jonal Peletto SPd mengatakan sinergitas antara Pemkab Talaud dengan Pentua Adat se-Talaud sangat nampak ketika sukses terselenggaranya acara adat yang begitu sakral dan mampu menghadirkan banyak masyarakat dari Tinonda sampai Napombalu. Ini membuktikan bahwa melalui Bupati SWM, Kadisparbud yang merupakan motor penggerak dari kegiatan ini sangat luar biasa kinerjanya walaupun baru memegang jabatan yang sangat berhubungan erat dengan Adat tapi hasilnya pun sangat baik.

"Saya mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada Bupati SWM yang sudah melaksanakan kerjanya dengan baik sebagai Marambe Sinangiang Ratun Taloda, dan merupakan gambaran bahwa pemimpin seperti SWM ini yang dibutuhkan oleh warga Talaud. Selain itu juga sangat kelihatan juga semangat kerja keras dari Kadisparbud yang baru satu bulan menjabat kemudian sudah menyelenggarakan event besar seperti ini dan berhasil ditaklukan, serta hasilnyapun patut diancungi jempol," tutup Paletto, yang juga sebagai Ratum Banua Desa Nunu.

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 07 Februari 2017 ,

0 komentar for "Sukses Gelar Dua Kegiatan Adat Kabupaten, Tokoh Adat Apresiasi Pemkab Talaud dan Jajaran"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional