Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Resmikan Pasar Liwutung, Sumendap Minta Buka Setiap Hari

Bupati Sumendap membunyikan sirene saat mereresmian Pasar Liwutung.

Mitra, detiKawanua.com - Bupati Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap SH pada Kamis (23/02), meresmikan Pasar Liwutung di kecamatan Pasan.

Dalam sambutannya, Bupati James Sumendap mengatakan, pembangunan pasar di sejumlah kecamatan di Mitra merupakan komitmen dalam mensejahterakan rakyat.karena pasar merupakan titik pusat perputaran ekonomi di suatu tempat.

"Dengan adanya pasar ini tentunya ekonomi masyarakat akan meningkat, apalagi berdampak bagi pengguna pasar sendirinya," terang Bupati.

Bupati bahkan meminta, agar pasar Liwutung yang baru diresmikan untuk dibuka setiap harinya, bukannya dijadwalkan seperti biasa tiga kali seminggu.

"Saya minta pasar ini dibuka setiap hari. Kkarena filosofi dasar pasar agar pedagang bisa menjual dagangannya di suatu tempat, sehingga perputaran ekonomi bisa terjadi antara penjual dan pembeli," jelas Sumendap.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, terkait dibukanya pasar setiap hari bertujuan membuka cara pandang pedagang dan pembeli setiap harinya, sehingga bisa memanfaatkan fungsi pasar sebenarnya, seperti para pedagang sembako dan palawija yang harus stand by dan konsumen yang datang untuk transaksi.

"Ini bagaimana para pedagang mampu menyesuaikan dengan kondisi yang ada, bukannya kebutuhan masyarakat yang menyesuaikan. Tak perlu untuk memasarkan dengan berkeliling, asalkan tinggal di tempat dan memastikan ada yang akan dibutuhkan konsumen, pasti perputaran ekonomi terjadi," tuturnya

Bahkan di kesempatan tersebut, Bupati juga menegaskan, para pedagang dibebaskan biaya retribusi selama 6 bulan ke depannya. "Kalau ada yang minta bayar, laporkan ke saya, atau ke pak Vocke sebagai wakil rakyat asal Pasan. Pasti akan ditindak," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop Mitra, Marie Makalow saat membawakan laporan mengatakan, anggaran pembangunan pasar Liwutung kali ini, lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016 sebesar 2,7 Milyar, yang dibagi untuk pembangunan dua pasar sebagai komitmen bupati untuk mensejahterakan rakyat Mitra.

"Dana tersebut kita bagi pembangunan dua pasar, yakni pasar Liwutung dan pasar Ratatotok yang rencana minggu depan akan diresmikan, serta peresmian Plasa Ratahan di Mei mendatang," pungkasnya.

Hadir dalan kegiatan tersebut, Ketua DPRD Mitra, Drs Taviv Watuseke, Anggota DPRD Mitra, Vocke Ompi, Cakat Pasan, Martinus Ratulangi, Kepala kepala SKPD serta para hukum tua dan perangkat desa dan masyarakat di kecamatan Pasan.

(Indri)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 23 Februari 2017 , ,

0 komentar for "Resmikan Pasar Liwutung, Sumendap Minta Buka Setiap Hari"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional