Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Ramaikan Pesta Adat Manduru'u Tonna di Ibukota Kabupaten Talaud, DRM : Tim Tambor Lirung Pemersatu Porodisa

DRM dan Kabag Hukum Deny Lalegit SH MH.

Talaud, detiKawanua.com - Kemeriahaan perayaan Pesta Adat Manduru'u Tonna di Ibukota Kabupaten Kepulauan Talaud diramaikan oleh Tim Tambor dari Lirung. Tim yang eksis dari zama dulu kala ini di pelopori oleh Anggota Dekab Talaud Denny Ronal Marthin. Anggota Tim Tambor ini berjumlah sekira 30 Orang ini mendapat sambutan yang baik dari peserta, undangan dan tamu yang hadir dalam acara  sakral yang dirayakan setiap tahunnya.

Anggota Dekab Talaud Denny Ronal Marthin (DRM) mengatakan sangat penting pelaksanaan acara adat Manduru'u Tonna ini jika dilengkapi dengan Tim Tambor yang dapat membangkit semangat.

"Sejak dahulu kala alat seperti gendang ini ketika dipukul dapat mengakibatkan bunyi, irama dan nada. Biasanya alat seperti ini dipakai banyak untuk acara adat yakni tari - tarian daerah," ujar Marthin sapaan akrab Ko Ona.

Lanjut katanya, tambor merupakan alat pemersatu Porodisa (Talaud-red). Karena sejak dulu sampai sekarang tambor ini masih digunakan dalam acara- acara khusus yang mengikutsertakan seluruh masyarakat untuk menari dan sudah menjadikan alat sebagai alat tradisional seni dari Kabupaten Talaud ini.

"Saya mengapresiasi Tim Tambor dari Lirung yang sudah berpartisipasi dalam meramaikan acara adat Manduru'u Tonna di Melonguane. Apresiasi juga disampaikan kepada Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahuyumi Maria Manalip SE (SWM) bersama dengan Adat yang sudah menyelenggarakan Acara Adat ini denga baik. Jayahlah Negeriku Porodisa bersama dengan SWM," tegasnya.

Salah satu Anggota Tambor Lirung Olden Maariwuth mengatakan seperti biasanya pihaknya melakukan ini karena panggilan hati dan benar - benar ini menjadikan mereka lebih memperkuat persatuan dan kesatuan diantara tim kami karena dengan satu irama kami menghasilkan bunyi yang indah dan hal itu disamakan juga dengan kebersamaan mereka.

"Saya mewakili teman - teman dalam tim mengucapkan terima kasih kepada Bupati Talaud SWM yang sudah mengundang kami tim tambor Lirung untuk sama - sama meramaikan acara adat ini. Ini sudah menjadintugas kita semua untuk melestarikannya serta berharap Pemkab Talaud dapat membantu melengkapi peralatan kami," ungkap Maariwuth Anggota Tambor tertua dari Lirung.

Diketahui Tim Tambor Lirung ini juga mengikuti Festival Saraingngu Ampania bersama dengan Penari - penari hebat dari Lirung, Lirung I dan Lirung Matane yang juga pesertanya adalah DRM, Camat Lirung dan Lurah Lirung Matane dan mendapat peringkat III. (RhojakFM).

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 04 Februari 2017 , , ,

0 komentar for "Ramaikan Pesta Adat Manduru'u Tonna di Ibukota Kabupaten Talaud, DRM : Tim Tambor Lirung Pemersatu Porodisa"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional