Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Pemkab Talaud Sponsori Gelaran Manduru'u Tonna Tingkat Kabupaten, Manalip : Acara Ini Merupakan Warisan Leluhur

Bupati Sri Wahyuni Maria Manalip disambut pada Acara Adat Manduru'u Tonna Kabupaten Kepulauan Talaud terpusat di Melonguane.

Talaud, detiKawanua.com - Rangkaian terakhir Acara Adat Manduru'u Tonna Kabupaten Kepulauan Talaud terpusat di Melonguane, Jumat (3/2) siang. Momentum adat yang bertema "Bette'ite masanggaloma su lalummu rerro mapasombau'u alamanne si'ite tadea'u Taloda lumassangnga su rongngane tumari su sawone" yang berarti "Marilah kita hidup rukun dan damai dalam perbedaan agar Allah melimpahkan berkatnya kepada kita supaya Talaid makmur, jaya, adil dan sejahtera".

Bupati Kepulauan Talaud yang bertindak sebagai Sinangiang Ratun Taloda ini dijemput dengan adat oleh Pentua Adat Kabupaten, dilanjutkan dengan menaiki Perahu Sariwulan serta diiringi oleh Tarian Adat Bara'a.

Dari penjemputan Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE didampingi Forkompimda dan Sekdakab Talaud Ir. Adolf Binilang ME langsung menuju ke Tribun Lapangan Sangkundiman Melonguane untuk dimulainya acara Adat tersebut. Yang hadir juga dalam acara ini adalah Ketua Dekab Talaud George Rompah SPd, Wakil Ketua Dekab Talaud Jakob Mangole SE dan Capt. Gunawan Talenggoran SE MMar serta Anggota Dekab Talaud, Pejabat Eselon II,III dan IV di lingkungan Pemkab Talaud, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/ BUMD, Pentua Adat Se - Kabupaten Kepulauan Talaud, Camat dan Jajaran se- Kabupaten Kepulauan Talaud, Lurah/Kepala Desa dan jajaran serta Ribuan masyarakat dari 19 Kecamatan yang ada di Talaud.

Bupati Sriwahyuni Maria Manalip mengenakan pakaian ada pada acara Adat Manduru'u Tonna Kabupaten Kepulauan Talaud terpusat di Melonguane.

Dalam Sambutannya, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE mengatakan kita berjumpah disini untuk menyatakan ungkapan syukur dan memohon doa kepada Tuhan agar di tahun 2017 akan menjadi tahun berkat bagi kita semua. Pertemuan akbar gelar budaya Manduru'u Tonna ini merupakan warisan leluhur kita yang telah turun temurun kita laksanakan dan tingkat pelaksanaanya di Ibukota Kabupaten. Acara ini bukan seremonial biasa saja tetapi perlu kita pahami bersama dan tentu diharapkan bahwa seluruh warga masyarakat bersukacita.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Talaud yang hadir bersama dengan Pemerintah dan Adat. Saya mengajak kita semua untuk saling menjaga persatuan dan kesatuan sehingga tercipta hidup rukun dan damai maka berkat yang kita harapkan ditahun 2017 ini akan kita miliki dan saya yakin ketika kita bersama- sama membangun Talaud pasti tujuan pembangunan dan perkembangan Talaud akan berjalan dengan baik," tegas SWM Bupati wanita pertama di Talaud.

Diketahui, seluruh susunan acara dalam kegiatan menggunakan Bahasa Daerah Talaud dan kebanyakan yang memegang peranan penting dalam acara ini adalah Pentua Adat yang tergabung dalam Lembaga Adat Kabupaten Kepulauan Talaud yang di pimpin oleh Ketua Presidium Adat Isak Tamaroba SAP. Dalam acara ini juga ini semua yang hadir menyaksikan pagelaran seni dari masyarakat dan siswa yakni Musik Hawaian, Tarian, Musik bambu entel, Marching Band dan Tambor. Tidak itu juga dalam kegiatan ini Pemda mengadakan lomba Festival Saraingngu Ampania yang diikuti oleh beberapa peserta dari kecamatan. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 04 Februari 2017 , , , ,

0 komentar for "Pemkab Talaud Sponsori Gelaran Manduru'u Tonna Tingkat Kabupaten, Manalip : Acara Ini Merupakan Warisan Leluhur"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional