Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Panen Jagung Melimpah, Harga Tak Memihak Ke Petani

Petani Jagung sedang mengeringkan hasil panen di Pos Panen Kelurahan Kawangkoan Bawah.

Minsel, detiKawanua.com
- Sangat disayangkan program pemerintah menggenjot hasil panen petani Jagung dengan berbagai item pendorong laju pertumbuhan seperti pupuk dan benih unggul, tak berbanding lurus dengan harga yang dirindukan petani.

Dari penelusuran di beberapa pos panen rakyat di Minsel, misalnhya di kelurahan Kawangkoan Bawah, para petani mengeluhkan harga Jagung yang menurun dibanding dengan tahun 2016 silam.

Dari pengakuan Ibu Linda, salah satu petani yang sementara mengeringkan Jagung di Kawangkoan Bawah, hasil panen tahun ini memang banyak, tapi dirinya heran kenapa harga tak sama dengan tahun lalu yang masih pada kisaran Rp 3300/Kg sampai Rp 3500/ Kg. "Torang heran tahun ini kiapa tu harga so turun jao. Sekarang so Rp 2600/Kg," jelasnya. 

Menurutnya, peran serta anggota DPRD Minsel sebagai garda terdepan beserta pemerintah Minsel ikut mengawasi harga dan memperjuangkan kestabilan harga bagi petani jagung di Minsel, menjadi harapan petani jagung, agar panen kali ini membuahkan hasil yang baik sesuai dan seimbang dengan pengeluran petani.

"Tolong pemerintah lia akang pa torang petani yang sangat mengharapkan harga sesuai, supaya seimbang dengan pengeluaran. Rupa ini, nda dapa lia kalau pemerintah memihak kami masyarakat," tambahnya

Sebelumnya beberapa waktu yang lalu Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE, telah mendatangkan investor lokal yang dapat menampung hasil panen petani pada terminal Jagung. Bahkan CEP menjamin petani Minsel akan swasembada Jagung serta menjamin kesejahteraan para petani Jagung.

(Vandytrisno)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 25 Februari 2017 ,

0 komentar for "Panen Jagung Melimpah, Harga Tak Memihak Ke Petani"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional