Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Kewarganegaraan Keturunan Sangihe-Piliphina dan Piliphina-Sangihe Belum Jelas

Rapat Komisi 1 Deprov Sulut dengan Instansi terkait perihal status kewarganegaraan keturunan Sangihe-Piliphina dan Piliphina-Sangihe.

Manado, detiKawanua.com - Masalah kewarganegaraan keturanan Sangihe-Piliphina dan Piliphina-Sangi menjadi hal yang penting diselesaikan segera oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. 

Melalui DPRD Sulut yakni Komisi 1 menggelar rapat bersama dengan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Sulut, Biro Hukum dan Pemerintahan Setdaprov Sulut, dan Kesbangpol Sulut, bertempat di ruangan rapat satu Kantor DPRD Sulut.

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi 1, Ferdinand Mewengkang didampingi Sekretaris Komisi Jeane Mumek serta anggota komisi Jems Tuuk, Netty Agnes Pantow, Raski Mokodompit dan Eva Sarundajang.

Ketua Komisi 1 Ferdinand Mewengkang megatakan, tujuan rapat ini untuk membahas dan mendengarkan penyelesaian masalah kewarganegaraan Piliphina-Sangihe dan Sangihe-Piliphina yang belum jelas hingga saat ini.

"Permasalahan kewarganegaraan Piliphina-Sangihe dan Sangihe-Piliphina sampai saat ini belum ada kejelasannya. Kami akan mengundang Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Sulut untuk mengetahui hal ini, termasuk juga pemerintah provinsi dan instansi terkait, karena ini sudah menyangkut kewarganegaraan dua negara," tukas Mawengkang, Selasa (21/02).

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Sulut, Pondang Tambunan meyampaikan, permasalahan kewarganegaraan antara Sangihe dan Philipina sudah menjadi program pihaknya, karena sedang ada arahan dari Kemenkumham pusat agar segera mengirim data tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada DPRD Sulut, di mana sudah menyampaikan hal ini kepada Kementerian Hukum dan HAM di pusat dan kami sudah mendapat arahan agar segera menyelesaikan persoalan tersebut," jelas Tambunan, sembari berharap agar persoalan kewarganegaraan ini juga melibatkan kabupaten dan kota, termasuk kabupaten Sangihe dan Kabupaten Talaud bahkan Kota Bitung.

(Enda)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 21 Februari 2017 , ,

0 komentar for "Kewarganegaraan Keturunan Sangihe-Piliphina dan Piliphina-Sangihe Belum Jelas"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional