Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Jonathan, Utusan SMP Advent Watulaney Juara Lomba Pidato Bahasa Daerah Minahasa

Kadis Agustivo Tumundo menyerahkan Trophy Bupati Minahasa kepada juara Lomba Pidato Bahasa Daerah Minahasa, Jonathan Nelwan utusan Kecamatan Lembean Timur. 

Minahasa, detiKawanua.com - Setelah mengalahkan 38 peserta akhirnya Jhonatan Nelwan berhasil meraih juara satu dalam Lomba Pidato Bahasa Daerah yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, Jumat (17/02).

Dengan nilai 182,5 Nelwan utusan dari Kecamtan Lembean Timur itu, mengalahkan peserta lain dengan hanya berselisih tipis dengan juara dua dan tiga. Dengan keahliannya membawakan pidato tanpa teks, akhirnya keputusan juri jatuh kepadanya.

Siswa bertubuh mungil tersebut akhirnya berhak membawa Trophy Bupati Minahasa dan Uang Tunai sebesar Rp3.000.000 yang desediakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa.

Dari pantauan detiKawanua.com, Siswa SMP Kelas 1 di Sekolah SMP Advent Watulaney saat membawakan pidato dibarengi gerakan tangan, mimik wajah yang sesuai, serta nada suara yang bagus.

Dikatakan Salah satu Juri dalam lomba tersebut Meksi Sahensolar SPi, yang juga Staf Khusus Bupati Minahasa, bahwa terpilihnya Jhonatan Nelwan dikarenakan hanya dia satu satunya peserta yang membawakan pidato tidak menggunakan teks baca, serta menguasai materi pidato.

"Bukan saja hanya itu, bahkan saat berdiri di panggung siswa tersebut sesekali mengangkat tangan seperti menjelaskan isi cerita dari pidato bahasa daerah kepada semua yang hadir, dibarengi mimik wajah serta ketepatan waktu," kata Sahensolar

"Dengan penilaan itulah, kami para juri memutuskan perwakilan dari Kecamatan Lembean Timur itu berhak menjadi juara satu," tambahnya

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, mengucapkan banyak terima kasih kepada setiap peserta perwakilan Kecamatan yang sudah menyempatkan diri mengikuti lombah pidato bahasa daerah ini.

Dirinya pun menyampaikan apreaiasi kepada peserta yang rela menunggu hingga acara selesai walupun diakuinya banyak yang sudah pulang dikarenakan waktu pelaksanaan yang lama.

"Mohon maaf, sebenarnya acara penutupan akan ditutup langsung Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi. Beliau berkeinginan menutup acara, namun mengingat agenda Bupati yang padat hungga tidak bisa menyempatkan diri," katanya.

Sementara itu sang juara dalam lomba pidato bahasa daerah Jhonatan Nelwan saat diwawancarai wartawan mengatakan, hanya butuh satu hari untuk menghafal serta mempelajari materi bahasa daerah yang akan dibawakannya.

"Yang mengajarkan bapak Saya. Untuk persiapan hanya satu hari dan untuk mempelajari pidato hanya 3 jam," ungkap Nelwan.

Dari hasil keputusan juri Jhonatan Nelwan utusan dari Kecamtan Lembean Timur meraih juara satu dengan nilai 182,5, dan berhak mendapat Trophy Bupati Minahasa dan Uang Tunai Rp3.000.000, dan juara dua perwakilan Langowan Timur dengan nilai 181,25 berhak mendapat Trophy Wakil Bupati Minahasa dan Uang Tunai Rp2.000.000, serta juara III utusan dari Kawangkoan Utara dengan nilai 180,25 dan berhak membawa Trophy Sekdakab Minahasa dan Uang Tunai Rp1.000.000.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Jefri R Korengkeng, Kepala Badan BPMPD Minahasa Djefri Sumendap Sajow, Kepala Perpustakaan Jemmy Maramis, serta beberapa Camat di Minahasa.

(*/Sandy)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 18 Februari 2017 , ,

0 komentar for "Jonathan, Utusan SMP Advent Watulaney Juara Lomba Pidato Bahasa Daerah Minahasa"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional