Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

HPN 2017, Mangole: Semoga Pers Menjadi Agen Revolusi Bangsa

Wakil Ketua Dekab Talaud, Jakob Mangole SE.

Talaud, detiKawanua.com - Penetapan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional (HPN) diputuskan melalui Surat Keputusan Presiden No. 5/1985. Jadi, secara resmi, peringatan Hari Pers Nasional baru dimulai pada tahun 1985. Maka setiap tanggal 9 Februari masyarakat Indonesia, khususnya insan Pers memperingati Hari Pers Nasional. Peringatan Hari Pers Nasional dimaknai sebagai sebuah pesta rakyat yang memiliki pers yang merdeka sebagai salah satu pilar Demokrasi suatu Bangsa. Perayaan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibukota Provinsi yang berbeda di Indonesia. Untuk tahun ini, peringatan Hari Pers Nasional dilaksanakan di Ambon, Maluku.

Kepada detiKawanua.com, Wakil Ketua Dekab Talaud Jakob Mangole SE mengatakan, Pers sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Karena dengan Pers, informasi dua arah baik dari penyelenggara Negara dan rakyat dapat tersalur dan terfasilitasi.

Menurutnya, peran pers di daerah perbatasan sangat penting dalam menunjang pembangunan. Karena melalui insan Pers, penyelenggara pemerintahan dapat menangkap aspirasi rakyat dan penyelenggara pemerintahan dapat merencanakan dan melaksanakan pembangunan sesuai kebutuhan rakyat, dan dengan Pers juga rakyat dapat mengontrol pelaksanaan pembangunan.

"Semoga pers menjadi agen Revolusi Mental," ujar Mangole.

Lanjutnya, yang tidak kalah pentingnya juga, dengan Pers maka Pemerintah dapat mensosialisasikan dan mempromosikan potensi dan jalannya pembangunan di daerah perbatasan kepada pihak luar. Yang tentunya degan momentum hari Pers, diharapkan Pers tetap menjadi sarana pembangun karakter bangsa dengan berita yang rasional dan objektif, dengan para pekerjanya yang profesional. "Saya mengucapkan selamat hari Pers Nasional yang ke-17 tahun," ucap mantan aktivis ini.

Sementara itu, Kabiro Talaud Media Sulut Jos Tumimbang mengatakan, pengalaman selama dua tahun di Daerah Perbatasan NKRI ini sebagai Jurnalis yang pasti perkembangan sangat pesat kerangka pembangunan yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud. Ini perlu menjadi acuan sehingga ke depannya kami sebagai Insan Pers harus memantau terus kinerja yang ada di pembangunan Talaud. Dan sebagai mitra kerja, sinkronisasi antara Pers dan Pemerintah akan berdampak baik dalam rangka pembangunan suatu daerah. "Selamat ulang tahun kepada Kuli Tinta, dengan harapan Pers Perbatasan ini menjadi pilar pemersatu NKRI," tandas Tumimbang. 

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 09 Februari 2017 , ,

0 komentar for "HPN 2017, Mangole: Semoga Pers Menjadi Agen Revolusi Bangsa"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional