Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Hotel Sutan Raja "Pandang Enteng" Soal Pengawasan Makanan

Hotel Sutan Raja Amurang.

Minsel, detiKawanua.com - Merasa terusik dengan informasi yang beredar terkait keracunan yang terjadi saat pengunjung acara mengkonsumsi makanan yang disediakan, pihak Manajemen Hotel Sutan Raja Amurang akhirnya menjadi kebakaran jenggot. Dengan maksud meluruskan apa yang terjadi, manajemen menakuti para insan pers biro Minsel dengan mengatakan akan menuntut secara hukum. 

Padahal secara nyata, pihak manajemen hotel mengakui adanya keracunan terhadap 11 orang pengunjung hotel. Pengakuan itu salah satunya dari kutipan konfirmasi yang ditulis di akun Facebook milik salah satu staf hotel. 

Dalam kutipan berikut, diakui bahwa ada 11 orang yang diduga mengalami keracunan.

"Kami mengkonfirmasi bahwa benar ada peristiwa keracunan makanan beberapa waktu yang lalu berupa alergi pada sajian ikan tertentu. Tapi pihak hotel telah melakukan tindakan dengan segera membawa 11 orang tamu dari 81 yang terkena indikasi alergi tersebut ke dokter Rasubala. Dan permintaan maaf dari management hotel sudah disampaikan ke pihak tamu secara langsung dan secara menyeluruh pada saat penutupan kegiatan esok harinya.

Adapun jika dampak dari alergi tersebut masih dirasakan kembali dalam waktu dekat, telah kami sampaikan untuk dapat menghubungi pihak hotel dengan biaya pengobatan sepenuhnya akan ditanggung oleh kami.

Maaf telah menimbulkan kegaduhan. Tidak ada unsur kesengajaan dalam peristiwa ini. Tapi kiranya yang perlu kita ketahui bersama, setelah melakukan penanganan dan kesediaan untuk bertanggung jawab, kami telah menyelesaikan permasalahan ini secara baik dengan korban juga instansi terkait yang sedang meyelenggarakan kegiatan pada saat itu.

Komitmen dari pihak kami peristiwa ini diupayakan tidak akan terulang lagi di kemudian hari.

Demikian. Terima kasih."

Menurut Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Sulawesi Utara Jopie Lintong STh SH MAP, ini merupakan sikap 'pandang enteng' manajemen Hotel Sutan Raja Amurang pada kebersihan dan kesehatan makanan. Bahkan menurutnya, pihak hotel telah menyalahi tugas dan fungsi soal pengawasan, baik dari pengolahan makanan sampai pada penyajiannya. "Inikan hotel berbintang 5. Kok jadinya seperti rumah makan di emperan, yang jika kedapatan kotoran hanya meminta maaf dari pemilik rumah makan. Harus sesuaikan mana hotel berbintang dan yang bukan. Harusnya pihak hotel menyajikan makanan yang bersih dan sehat, bukan malah buat orang alergi," semburnya.

Kadis Kesehatan Minsel dr Ternie Paruntu, saat dikonfirmasi mengakui, menurut kacamata medis ini masuk kategori alergi karena efeknya hanya bintik-bintik. Hanya saja menurut Paruntu, hotel belum memiliki Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasaboga yang dikeluarkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan. "Karena baru diurus dan sementara berproses," ujar Paruntu.

Untuk diketahui, beberapa hari yang lalu, Kepala Dinas Kesehatan Minsel melalui Kepala Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan Lodewik NN Poluan SSiApt, pada Senin (06/02) mengatakan, Hotel Sutan Raja Amurang sampai sekarang belum memiliki sertifikat makanan yang higienis.

(Vandytrisno)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 09 Februari 2017 , ,

0 komentar for "Hotel Sutan Raja "Pandang Enteng" Soal Pengawasan Makanan"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional