Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

e-Proposal WP Resmi Tahun Ini, Utamanya Daerah Pedalaman di Sulut

Foto:Ist
Manado, detiKawanua.com - Pemberlakuan elektronik proposal (e-Proposal) di tahun 2017 ini bagi para Wirausaha Pemula (WP) sebagai bentuk kemajuan terobosan terbaru Dinas Koperasi UKM Daerah Sulawesi Utara (Sulut) di era digital yang memungkinkan kemudahan dengan cepat melalui website/sistem online.
"Hal ini juga sesuai arahan Kementerian Koperasi dan UKM RI yang terdapat 3 titik fokus, yaitu Daerah Tertinggal dan Perbatasan, Daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), serta Daerah Antar Kelompok Pendapatan (berpendapatan rendah/masyarakat miskin,red)," terang Kepala Diskop-UMK Daerah Sulut, Christiano E Talumepa, Selasa (21/02) di kantornya.

Selain searah dengan Kementerian Koperasi, kata Mantan Karo Hukum dan Asisten III Setdaprov Sulut itu juga memastikan seiring dengan program Operasi Daerah Selesaikan Kemisikinan (ODSK) yang juga harus gunakan oleh instansi terkait pemerintahan yang ada di Kabupaten/Kota.

"Memang kami juga harus menyadari tidak semua daerah miliki fasilitas teknologi (internet) yang memadai, maka kami pun meminta ke dinas Koperasi di Kabupaten Kota, untuk menyisir daerah-daerah miskin yang berada jauh dari perkotaan yang belum familiar dengan internet. Oleh karenanya khusus untuk mereka (daerah pedalaman,red) dibolehkan melakukan pengajuan proposal WP secara 'hardcopy'. Selain itu kami meminta instansi terkait pun harus mendata para WP di daerah masing-masing dan akan diajukan sebagai peserta WP di tahun 2017 ini," jelasnya yang saat itu didampingi Sekretaris Diskop dan UKM Daerah Sulut, Benny Kalonta.

Sementara itu, Benny menambahkan menyangkut persyaratan pengajuan WP tersebut harus secara individu memiliki rintisan usaha produktif minimal usaha sudah berjalan enam bulan dan maksimal tiga tahun lamanya yang semua syarat itu tertuang dalam surat pernyataan WP.

"Persyaratan lainnya, seperti belum pernah menerima bantuan sejenis dari Kemenkop dan UKM. Selain itu WP maksimal usia 45 tahun, pendidikan minimal SLTP/sederajat, memiliki KTP yang berlaku, ada legalitas usaha (ijin usaha mikro kecil) surat keterangan dari kelurahan, pernah mengikuti pembekalan kewirausahaan dengan ditunjukkan sertifikat maksimal dua tahun sebelum tahun anggaran berjalan dan belum pernah menerima bantuan dari Kementerian Koperasi," jelas Kalonta, sembari menambahkan agar calon WP harus memenuhi persyaratan dengan memiliki rencana usaha (Business Plan) dan memiliki rekening tabungan yang masih aktif (minimal ada saldo,red).

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 21 Februari 2017 ,

0 komentar for "e-Proposal WP Resmi Tahun Ini, Utamanya Daerah Pedalaman di Sulut"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional