Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Dispurbad Bakal Gelar Lomba Pidato Bahasa Minahasa

Plt Kadisparbud Minahasa Agustivo Tumundo foto bersama Waraney-Wulan Minahasa di Tondano.

Minahasa, detiKawanua.com - Serangkaian dengan Festival Kebudayaan Minahasa dalam rangka mensukseskan Pesona Minahasa 2017 yang diawali dengan prosesi Pergelaran Budaya Katombuluan di Desa Ranowangko dan dilanjutkan dengan Pesta Adat Tulude di Desa Poopoh Kecamatan Tombariri kemarin, kembali Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten (Disparbud) Minahasa akan menggelar kegiatan untuk melestarikan kebudayaan di Kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dan Wakil Bupati Ivan Sarundajang ini.

Plt Kadisparbud Minahasa, Agustivo Tumundo SE MSi menyebutkan, bahwa lanjutan kegiatan dalam rangka Festival Kebudayaan Minahasa ini berupa Lomba Pidato Bahasa Daerah, yang pelaksanaannya akan digelar pada Jumat, 17 Februari 2017 bertempat di bangunan bersejarah LOJI Tondano.

Dikatakan Tumundo, bahwa kegiatan ini disamping merupakan salah upaya dalam melestarikan kebudayaan Minahasa, juga untuk mengembangkan potensi dan intelekual generasi muda Minahasa di bidang berpidato di depan khalayak umum.

Sementara Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Melissa Rondonuwu SP selaku ketua panitia, mengatakan, bahwa peserta lomba adalah generasi muda berumur 15 s/d 18 tahun per utusan Kecamatan di Kabupaten Minahasa.

"Peserta wajib membawakan pidato dalam bahasa daerah Minahasa sesuai sub etnis-nya, di antaranya bahasa Toulour, Tombulu, Tonsea, Tountemboan, Tonsawang, Pasan, Ponosakan, Bantik dan lain-lain, dengan memasukan teks pidato beserta terjemahannya" kata Melissa, Kamis (02/02).

Ditambahkan Melissa, para pemenang lomba ini akan memperoleh hadiah berupa Trophy dan Uang Pembinaan dengan uraian Juara I meraih Trophy Bupati Minahasa uang tunai Rp 3 juta, Juara II meraih Trophy Wakil Bupati Minahasa dan uang tunai Rp 2 juta, dan Juara III meraih Trophy Sekdakab Minahasa dan uang tunai Rp 1 juta.

"Pendaftaran peserta sudah dibuka bertempat di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Jalan Manguni No 15 Kelurahan Wewelen Kecamatan Tondano Barat, berakhir saat Teknikal Meeting pada Rabu 14 Februari 2017 di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa," urai Melissa.

(*/Sandy)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 02 Februari 2017 , , ,

0 komentar for "Dispurbad Bakal Gelar Lomba Pidato Bahasa Minahasa "

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional