Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Disparbud dan Dewan Adat Gelar Mandapiga, Izaak: Semoga ke Depan Lebih Baik Lagi

Kadisbupar Talaud Ronal Izaak AP MSi.

Talaud, detiKawanua.com - Ritual adat Mandulugu Tonna 2017 telah selesai dilaksanakan, Jumat (03/02) waktu lalu. Namun, masih banyak hal yang perlu dibenahi dan diperbincangkan, terkait apa kekurangan maupun kelemahan dan upaya yang akan dilakukan untuk lebih baik lagi. Untuk itu, pada waktu lalu, Sabtu (04/02) bertempat di Aula Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Panitia pelaksana baik Jajaran Pemkab Talaud maupun Unsur Adat melaksanakan rapat evaluasi yang dalam bahasa Talaud disebut Mandapiga.

Mandapiga merupakan sebuah tradisi untuk mengevaluasi jalan dan berlangsungnya sebuah acara ritual adat di Talaud,seperti Mandurugu Tonna.

"Kita bersama-sama dengan Dinasparbud Talaud mengevaluasi hasil dari pelaksanaan Mandurugu Tonna. Pelaksanaan ritual adat memang telah berakhir kemarin, tetapi tradisi untuk memohon pengampunan atas kesalahan yang terjadi saat pelaksanaan kepada Tuhan dan membahas kekurangan serta apa solusinya, kami laksanakan hari ini. Salah satu contoh adalah jika kita salah dalam mengucapkan doa atau wisara adat, itu akan berakibat fatal atau berbahaya," ungkap Ketua Dewan Adat Kepulauan Talaud, Isak Tamaroba SAP, Sabtu (04/02).

Dijumpai di ruang kerjanya, kepada detiKawanua.com Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Talaud Ronal Izaak AP MSi mengatakan, dalam pelaksanaan ritual adat Mandulugu Tonna kemarin memang ada beberapa kekurangan dan ini tentunya harus dibenahi.

"Ada beberapa kesalahan saat prosesi, salah satunya posisi wisara pentua adat. Sebenarnya tidak boleh membelakangi Bupati selaku Marambe Sinangian Ratun Taroda (Pimpinan Tertinggi di Talaud-red), ada juga yang tidak ikut Geladi Resik. Meski begitu, kita harus sadar bahwa tak ada manusia yang sempurna, kiranya untuk ke depannya dapat lebih baik lagi, ujar Izaak, Senin (06/02).

Izaak menambahkan, sebenarnya selain Mandurugu Tonna, ada juga Dialog Kebudayaan yang dilaksanakan pada satu hari sebelumnya dan lagi-lagi masih terdapat beberapa kesalahan yang harus kami lengkapi lagi. Tapi secara keseluruahan, semua berjalan sesuai rencana walaupun di sana sini masih perlu untuk dilengkapi lagi.

"Tentunya saya sangat mengapresiasi semua kegiatan yang sudah berjalan atas dasar kerja sama dari semua pihak dan sesungguhnya hajatan yang terselenggara dengan baik dan sukses, ini karena bantuan dari semua yang ada di dalamnya baik Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE, Dewan Adat Talaud dan Masyarakat pastinya. Terima kasih pula kepada seluruh pentua adat se-Talaud yang sudah mendukung kegiatan ini," tandas Izaak.

Pada acara yang berlangsung kurang lebih 2 jam itu, selain Kadis Parbud dan Ketua Dewan Adat, hadir juga puluhan pentua adat maupun Pegawai Negeri Sipil yang masuk dalam struktur panitia pelaksana Mandurugu Tonna. 

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 06 Februari 2017 ,

0 komentar for "Disparbud dan Dewan Adat Gelar Mandapiga, Izaak: Semoga ke Depan Lebih Baik Lagi"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional