Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Disdukcapil Bolmong: 30 Ribuan Warga Belum Merekam KTP-El

Ilustrasi e-KTP.

Bolmong, detiKawanua.com - Permasalahan kosongnya blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik terjadi di seluruh Indonesia. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Pemkab Bolmong) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengimbau warga yang merekam agar bersabar dan menunggu hingga beberapa bukan ke depan.

"Ini terjadi di semua daerah. Mungkin sekitar April baru ada blankonya," ujar Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Farida Mooduto, Selasa (21/02).

Sebagai pengganti, menurutnya, Disdukcapil Bolmong mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP-El. Surat ini hanya berlaku hingga Maret mendatang. Meski begitu, proses perekaman KTP-El terus berlangsung.

"Kami terus merekam. Tahun ini ada delapan kecamatan yang akan dilayani perekamannya. Kami turun ke tempat-tempat terpencil di Bolmong," ujarnya.

Data terakhir menunjukkan wajib KTP yang telah merekam ada 138.054 warga. Heryanto Batalipu, Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, yang mendampingi Farida mengatakan Disdukcapil Bolmong tak punya data pasti wajib KTP di Bolmong.

"Data sering tidak valid. Kendalanya beragam. Misalnya warga meninggal, tak melapor, tak ada akte kematian. Itu masih terhitung di data base. Makanya sering berbeda dengan instansi lain," ujar Farida.

Waktu rapat pemutahiran data Daftar Pemilih Tetap Oktober 2016 lalu, DPT Bolmong ada 167.551. Wajib KTP di Bolmong, katanya, pasti tak jauh-jauh dari angka itu.

"Kan tiap hari ada yang berusia 17 tahun. Februari ini pasti sudah bertambah. Kalau DPT itu, dikurang yang sudah merekam, kurang lebih ada 30 ribuan warga Bolmong yang belum merekam," ujarnya.

Farida menyentil pemahaman soal KTP-El. Pihaknya banyak mendapat pengeluhan warga saat mengurus administrasi di bank. Bank menolak memroses berkas warga.

"Kan di KTP-El ada batas waktu. Itu tak masalah. Karena KTP ini berlaku seumur hidup. Ini pemahaman bank yang keliru. Ini harus disosialisasikan kembali ke banyak lembaga yang belum memahami ini," jelas Farida. 

(*/Try Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 21 Februari 2017

0 komentar for "Disdukcapil Bolmong: 30 Ribuan Warga Belum Merekam KTP-El"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional