Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Demi Tercapainya Tujuan Pendidikan, Dikpora Talaud Lebih Mantapkan Kinerja Guru

Para Guru yang sedang melaksanakan Upacara Bendera.

Talaud, detiKawanua.com - Berbicara pendidikan sangatlah penting dan berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud sangat serius menangani bidang pendidikan, karena sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kepulauan Talaud melalui Sekretaris Dinas Juldriko Potoboda SPd, Jumat (10/02).

"Untuk meningkatkan pendidikan, salah satu upaya yang dilakukan Dikpora, yaitu peningkatan mutu pendidikan di semua Pendidikan Dasar (Dikdas) dan PAUD se-Kabupaten Kepulauan Talaud, karena Pendidikan Menengah (Dikmen) sudah ditangani Pemerintah Provinsi," ucap Potoboda.

Dikatakan Potoboda, kemajuan mutu pendidikan di setiap Sekolah sangat bergantung pada kemampuan dan kompetensi Guru sebagai tenaga pengajar atau pendidik, karena seorang pendidik (Guru) dituntut memiliki wawasan yang luas dan pribadi yang baik.

"Dalam proses pendidikan, Guru memiliki peranan sangat penting dan strategis dalam membimbing peserta didik kearah kedewasaan, kematangan dan kemandirian, sehingga Guru sering dikatakan ujung tombak pendidikan. Dalam melaksanakan tugasnya seorang Guru tidak hanya menguasai bahan ajar dan memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi memiliki juga kepribadian dan integritas pribadi yang dapat diandalkan, sehingga menjadi sosok panutan bagi peserta didik, keluarga, maupun masyarakat," jelas Potoboda.

Ke depan, instansinya melalui Bidang Pembinaan dan Ketenagaan akan melakukan sejumlah kegiatan dalam mengukur kemampuan tenaga pendidik.

"Kami sedang menyusun satu program, yaitu seleksi Guru berprestasi atau Kepala Sekolah berprestasi. Menurut saya, ini adalah salah satu upaya memotivasi Guru dalam meningkatkan mutu pendidikan," ungkap Potoboda.

Dari data yang bersumber dari Dikpora Talaud, jumlah pendidikan dasar di Talaud berdasarkan tingkatan atau jenjang pendidikan, yakni 40 SMP ,155 SD, dan 196 TK dan PAUD. 

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 10 Februari 2017 , ,

0 komentar for "Demi Tercapainya Tujuan Pendidikan, Dikpora Talaud Lebih Mantapkan Kinerja Guru"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional