Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Berhadiah Jutaan Rupiah, JWS Dipastikan Buka Lomba Pidato Bahasa Daerah Minahasa

Kadisparbud Minahasa tengah memberikan sambutan pada Tchnical Meeting Lomba Pidato Bahasa Daerah Minahasa, Selasa (14/02).

Minahasa, detiKawanua.com - Lomba Pidato Bahasa Daerah dalam rangka Festival Kebudayaan Pesona Minahasa 2017 yang akan digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Minahasa dan akan dibuka pelaksanaannya oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi pada Jumat (17/02) mendatang, di Gedung Loji Tondano ini, bakal meriah.

Sebanyak 38 peserta perutusan Kecamatan di Kabupaten Minahasa ini telah terdaftar hingga pelaksanaan Technical Meeting pada Selasa (14/02) kemarin, di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Pertemuan Teknis yang dipimpin oleh Plt Kadis Budpar Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, turut dihadiri oleh Staf Khusus Bupati Minahasa Meksi Sahensolar SPi, Plt Sekdisbudpar Jimi Pinangkaan SE MSi, Kabid Kebudayaan Melissa Rondonuwu SP selaku Ketua Panitia, Kabid Pariwisata Ir Diane Najoan, Kabid Kesenian Dra Letty Purukan serta para Kasubag dan Kasie di lingkup Disbudpar, dan diikuti oleh para Camat dan perutusan Kecamatan di Kabupaten Minahasa.

Dalam sambutannya, Plt Kadis Agustivo Tumundo memberikan apresiasi atas keikutsertaan peserta dari unsur Kecamatan mengikuti lomba ini.

"Di era saat ini masih lebih mudah mencari peserta Lomba Pidato Bahasa Inggris daripada mencari peserta Lomba Pidato Bahasa Daerah," kata Tumundo.

Dikatakan Tumundo, memang peserta lomba ini dibatasi pesertanya dari unsur Kecamatan, mengingat waktu pelaksanaan hanya satu hari. Sehingga kalau dibuka untuk umum dan peserta mencapai ratusan orang, akan tidak mencukupi waktunya.

"Dengan peserta merupakan perwakilan tiap Kecamatan, diyakini bahwa yang telah diutus oleh tiap kecamatan ini adalah yang terbaik di kecamatan tersebut," ujar mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Minahasa ini.

Diharapkan Tumundo, melalui Lomba Pidato Bahasa Daerah ini akan menjadi salah satu cara dalam upaya kita bersama melestarikan kebudayaan Minahasa.

Selanjutnya, Staf Khusus Bupati Meksi Sahensolar yang dipercayakan sebagai Dewan Juri kegiatan ini, menguraikan berbagai ketentuan teknis pelaksanaan lomba pidato tersebut.

"Peserta lomba wajib membawakan pidato bahasa daerah sesuai 9 sub etinis dalam budaya Minahasa ini," kata Meksi.

Diharapkannya, agar para peserta wajib memasukan naskah atau teks pidato beserta terjemahannya sebanyak 3 rangkap kepada Dewan Juri sebelum tampil ke podium.

Sementara Kabid Kebudayaan Melissa Rondonuwu selaku Ketua Panitia mengatakan, lomba ini akan memperebutkan Trophy dan Uang Tunai, dengan perincian Juara I memperoleh Trophy Bupati Minahasa dan Uang Tunai Rp 3.000.000, Juara II memperoleh Trophy Wakil Bupati Minahasa dan Uang Tunai Rp 2.000.000, dan Juara III memperoleh Trophy Sekdakab Minahasa dan Uang Tunai Rp 1.000.000.

Ditambahkan Melissa, di samping Juara I, II dan III tersebut, akan diperebutkan pula kategori Juara Favorit dengan hadiah Handphone dan hadiah menarik lainnya.

"Peserta tidak dipungut Biaya Pendaftaran, dan waktu pendaftaran ini masih dibuka dan akan ditutup pada hari Kamis 16 Februari 2017 pukul 18.00 sore, bertempat di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, Kelurahan Wewelen Tondano," urai Melissa.

(*/Sandy)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 15 Februari 2017 , ,

0 komentar for "Berhadiah Jutaan Rupiah, JWS Dipastikan Buka Lomba Pidato Bahasa Daerah Minahasa"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional