Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Antisipasi Longsor Alat Berat dan Bangun Tanggul, PU-TR pun Siap Siaga

Manado, detiKawanua.com - Langkah anstisipasi dan juga bagian misi kemanusiaan dalam menghadapi 'faktor alam' yang pada akhir-akhir ini cuaca sering terjadi intensitas curah hujan yang terkadang sedang dan juga tinggi, sehingga hal itu bisa berpeluang terjadinya bencana tanah longsor yang lokasinya baik dikompleks rumah tinggal maupun akses jalan sehari-hari bagi masyarakat, oleh Dinas Pekerjaan Umum dana Tata Ruang (PU-TR) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) siagakan sejumlah alat berat sebagai 'senjata' pembersih timbunan tanah jika terjadi longsor.

"Kita maksimalkan alat berat dalam hal seperti itu dan tetap berkerjasama dengan instansi terkait lainnya, tapi mudah-mudahan kita doa-kan tidak terjadi apa-apa. Seperti halnya di bagian kompleks jalan desa Kembes itu memang salah satu juga menjadi lokasi yang telah kita bangun talut, walaupun memang masih banyak belum terpasang (talut). Kami juga mengusahakan untuk bangun talut minimal talut skala kecil permanen untuk menahan tapi kalau lokasi sudah masiv (kondisi lahan tidak memungkinkan) sudah tidak bisa apa-apa, tapi kebanyakan lahan yang longsor itu juga merupakan lahan pribadi," terang Plt Kepala Dinas PU-TR Sulut, Stive Kepel kepada wartawan, Kamis (23/02).

Dijelaskannya juga memang bisa juga dalam mengantisipasi terjadinya tanah longsor pada lahan tersebut dengan menggunakan 'teras ring' (istilah dinding penahan longsor), namun hal itu juga membutuhkan anggaran yang cukup besar.

"Tapi kami tetap prioritaskan tenaga alat jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam longsor," ujar Kepel.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 23 Februari 2017

0 komentar for "Antisipasi Longsor Alat Berat dan Bangun Tanggul, PU-TR pun Siap Siaga"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional