Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

4.000 Penderita Kanker di Sulut, Sejak Dini Rubah Paradigma Dengan....

 Foto Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat 'melayani' buah kepada masyarakat untuk mencicipi buah-buahan


Manado, detiKawanua.com - Diperkirakan jumlah penderita kanker di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sekitar 4.000 jiwa (menurut data penelitian kesehatan tahun 2013,red) yang berkembang paradigma keliru dalam masyarakat bahwa kanker adalah penyakit yang tidak tersentuh atau sekali terkena kanker tidak ada harapan lagi untuk sembuh dan akhirnya penderita meninggal dunia, dan paradigma tersebut haruslah dirubah melalui kampanye sebagai sarana informasi kepada masyarakat.

"Kanker berbahaya memang benar, tapi dengan pemeriksaan sedini mungkin dan suport kolektif dari keluarga dan masyarakat akan mampu meningkatkan kesembuhan kanker tersebut dari penderita sendiri," terang Kepala dinas kesehatan provinsi Sulut,  dr Debie Kalalo, Sabtu (04/02) dalam kegiatan peringatan Hari Kanker se-Dunia yang dirangkaikan dengan Hari Gizi Nasional ke-57 di Kompleks Kawasan Mega Mas Manado.

Sementara itu dalam sambutan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menghimbau dan menyarankan dalam mengantisipasi/mencegah penyakit kanker itu sebaiknya dengan perbanyak mengkomsumsi sayuran dan buah-buahan yang juga baik untuk menjaga kesehatan. 

"Upaya penanganan kami dengan adanya lembaga yang menangani pasien penyakit kanker dan itu akan terus akan kami upayakan dimana yang sekarang belum ada obatnya," kata Gubernur Olly.

Diikatakannya pula bahwa kegiatan itu ditujukan untuk menggalang peran serta masyarakat dalam mengkampanyakan  Gerakan Masyarakat Sehat atau ( GERMAS) yang telah di launching Menteri Kesehatan RI  dengan mengupayakan untuk merubah perilaku masyarakat hidup sehat dalam pola komsumsi makanan terutama lebih banyak makan buah dan sayur.

Melalui Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang utama Sulut, dr Kartika Devi Kandouw-Tanos menambahkan, agar masyarakat selalu menjaga kesehatan sejak dini dengan selain rajin mengkonsumsi buah dan sayur atau menambah porsi buah serta sayur.

"Rajin berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh demi menangkal semua penyakit termasuk jantung dan kanker," ajak Devi yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Sulut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen dan pejabat eselon II di lingkup Pemprov Sulut beserta para dokter ahli/spesialis dan masyarakat.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 04 Februari 2017 , ,

0 komentar for "4.000 Penderita Kanker di Sulut, Sejak Dini Rubah Paradigma Dengan...."

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional