Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

2017 Ini, 13 LPM di Talaud Akan Diisi 130 Ton Beras

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Talaud, Ir. Ordik Rompah.

Talaud, detiKawanua.com - Untuk meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud telah dan akan membangun Lumbung Pangan Masyarakat (LPM).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Talaud Ir. Ordik Rompah, ketika ditemui di ruang kerjanya, beberapa saat lalu.

Dirinya mengungkapkan, pada tahun 2017 ini, 13 Unit Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) yang telah dibangun yang sumber pembiayaannya bersumber dari Anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulawesi Utara dan APBD Kabupaten, di mana tiap unit akan diisi dengan 10 ton beras, termasuk 1 unit yang telah dibangun di Kecamatan Khusus Miangas.

"Pembangunan LPM yang merupakan hasil kerjasama antara Provinsi dengan Kabupaten ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat. Kami melalui bidang ketersediaan dan dan distribusi akan melakukan pembinaan kelembagaan kepada kelompok -kelompok yang mengelolah LPM. Jadi diserahkan kepada masyarakat untuk mengelolanya. Mereka bisa menjual dan membelinya dengan harga murah, artinya stok yang ada terus berputar dan dipastikan selalu tersedia. Selain beras, ada juga sembako lainnya," jelas Rompah, Selasa (31/01).

Sebelum lumbung diisi, pihaknya akan melakukan observasi, bagaimana jalan atau perputaran usaha tersebut. Jika belum maksimal, maka akan diberikan pembinaan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan stok.

"Ada 10 ton yang akan diisi di lumbung masyarakat, tetapi kita akan melihat kelembagaan, apakah jalan bagus. Jika belum, akan diberikan pembinaan supaya stok tidak kosong," ujar Rompah.

Diketahui, pembangunan lumbung pangan masyarakat, dikerjakan secara bertahap yakni pada tahun 2012, 2013, 2014 dan 2016 dengan total anggaran sekitar 2 Milyar Rupiah.

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 02 Februari 2017 , ,

BERITA TERBARU

SANGIHE

KESEHATAN

Lingkungan

Internasional