Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Trend Perceraian Meningkat, Didominasi PNS dan Akibat Orang Ketiga

Kadisdukcapil Talaud, Jabes Linda.

Talaud, detiKawanua.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Jabes Linda mengungkapkan, untuk akta perceraian sah yang dikeluarkan instansinya dan telah melalui keputusan pengadilan dari Januari hingga Desember 2016, sebanyak 25 Akta. 

"70 persen yang mengurus perceraian hingga bercerai adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS), sedangkan penyebab terbanyak dari perceraian saat membaca putusan pengadilan terjadi karena faktor ketidakcocokan akibat kehadiran orang ketiga (perselingkuhan), sedangkan untuk faktor ekonomi jumlahnya minim," ujar Linda.

Perceraian yang didominasi PNS, menurut Kadisdukcapil, disebabkan oleh kepentingan terkait status pekerjaan mereka. Di mana, agar tidak tersangkut dan dikenai hukuman atas pelanggaran yang dilakukan, maka jalan yang diambil adalah perceraian. 

"Pada Pasal 3 Ayat (I) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 45 tahun 1990 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemrintah Nomor 10 Tahun 1983 Tentang Izin Perkawinan dan Perceraian Bagi Pegawai Negeri Sipil menyebutkan, PNS yang akan melakukan perceraian wajib memperoleh izin atau surat keterangan lebih dahulu dari Pejabat. Kemudian dalam Pasal 14 disebutkan bahwa PNS dilarang hidup bersama dengan wanita bukan istrinya atau dengan pria yang bukan suaminya sebagai suami tanpa ada ikatan perkawanian yang sah. Konsekuensi ketika PNS melanggar ketentuan ini akan dijatuhi hukuman disiplin pemberhentian tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil," tegas Linda.

Diketahui, untuk pejabat yang dimaksud dalam Pasal (3) PP RI Nomor 45 tahun 1990 Tentang Izin Perkawinan dan Perceraian Bagi PNS adalah atasan dari PNS yang bersangkutan. Dari segi kuantitas untuk tahun 2016, trend perceraian mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 19 Januari 2017 ,

0 komentar for "Trend Perceraian Meningkat, Didominasi PNS dan Akibat Orang Ketiga"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional