Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Terungkap, Disamping Halaman Cottage di Bunaken Jadi Gudang Sampah

Foto bersama Kepala DKP Sulut, Ronal Sorongan (kanan) dan Plt Kepala Dinas Pariwisata, Daniel Mawengkang (kiri) saat berada di salah satu Cottage di Bunaken/(tanda panah merah) merupakan lokasi tumpukan sampah. (is)

Manado, detiKawanua.com - Kehadiran tim gabungan bersih-bersih muara sungai dan pantai Bunaken yang dikoordinir Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Sulut, Jumat (20/01) kemarin di lokasi Taman Nasional Bunaken (TNB), dari pantauan wartawan mendapati sebuah pemandangan yang mengejutkan. Bagaimana tidak, disalah satu bangunan penginapan (Cottage) yang tepat berada ditepi pantai, terdapat satu lokasi 'khusus' yang merupakan tempat tumpukan sampah baik batang kayu, kantong plastik, botol air mineral hingga minuman beralkohol, bercampur aduk jadi satu yang diperkirakan jika air laut naik, sampah-sampah itupun ikut hanyut ke laut.

Kepala DKP Provinsi Sulut, Ronald Sorongan saat meninjau langsung lokasi (Cottage) mengungkapkan keprihatinan terhadap para pemilik Cottage karena hal itu (sampah,red) dapat menimbulkan dampak negatif besar bagi kelesetarian pemandangan di lingkungan laut Bunaken, yang masih kurang kepedulian dalam penanggulangan sampah.

"Kami memohon bagi para pemilik Cottage akan rasa peduli dengan persoalan sampah. Kami juga menuntut sebaiknya setiap hari menyediakan orang khusus membersihkan sampah-sampah diseputaran Cottage mereka. Kita sebagai pemerintah provinsi hanya sebagai penggerak saja yang memberikan motivasi yang mana rasa keterlibatan/kepedulian kami terhadap pusat wisata pulau Bunaken yang kita unggulkan sebagai objek wisata Internasional yang ada di Provinsi Sulut," terang Sorongan.

Sementara itu melalui Plt Kepala Dinas Pariwisata Sulut, Daniel Mawengkang mengungkapkan pemandangan tersebut (tumpukan sampah,red) sangat memprihatinkan dimana sampah plastik ini sangat mengganggu lingkungan dan pertumbuhan ekositemnya akan terganggu.

"Ini kenyataannya dilapangan, makanya kita akan bekerjasama dengan Dinas Kelautan Perikanan dan meminta kepada pak Gubernur untuk membuat aturan yang bisa setiap pelanggarannya langsung ada tindakan. Jadi langsung ada tindakan preventive agar tidak akan lebih banyak lagi kerusakan terjadap biota yang ada dilaut Bunaken," kata Daniel.

Diketahui pada Jumat kemarin, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang diwakili Kepala DKP Provinsi Sulut, Ronal Sorongan telah memimpin pelaksanaan program bersih-bersih muara sungai dan pantai di 6 titik salah satunya pulau Bunaken, bersama sejumlah dinas lingkup Provinsi Sulut diantaranya, Pariwisata, Lingkungan Hidup dan Perhubungan serta gabungan unsur TNI (AL dan AD/Kodam) yang dikoordinir Kasiter Korem 131/Santiago Letnan Kolonel Inf Saparuddin SIP bersama Pabandya Puanter Sterdam XIII/Merdeka Mayor Inf I Ketut Sudana serta Kesatuan Polda Sulut (Polair, Polresta Manado, Sabhara Polda dan Brimoda Sulut) yang dikordinir Kasubdit Bintipluh, Kombespol Bambang Dwijatmiko.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 21 Januari 2017 , ,

0 komentar for "Terungkap, Disamping Halaman Cottage di Bunaken Jadi Gudang Sampah"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional