Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Terkait Fungsi Pengawasan, Komisi I Dekab Talaud Lakukan Sidak ke Kantor Camat Moronge

Komisi I Dekab Talaud foto bersama Camat dan Staf Kecamatan Moronge.

Talaud, detiKawanua.com - Selain melakukan Kungker di Kantor Camat Lirung, Dekab Talaud melalui Komisi I Dekab Talaud Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik yakni Richard Mahole SH MH, Anastasius Tiolong SPd dan Godfried Timpua S.IP melakukan kunjungan kerja yang sama di Kantor Camat Moronge pada 12.00 Wita Jumat (13/01). Kunjungan tersebut langsung diterima oleh Camat Moronge beserta jajaran.

Richard Mahole SH MH mengatakan, menurut Pasal 149 UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah yaitu Fungsi Pembentukan Perda (Legislasi), Anggaran, Pengawasan. Pengawasan dalam rangka peraturan daerah, peraturan Bupati dan Peraturan lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan. Pasal 57 UU Nomor 23 Tahun Tentang Pemerintahan Daerah yaitu penyelenggara Pemerintahan daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota terdiri dari Gubernur, Bupati/ Walikota dan DPRD dibantu oleh Perangkat Daerah (Badan/ Dinas dan Kecamatan).

"Hubungan kemitraan DPRD dengan Pemerintah Daerah adalah sejajar dan selama ini berjalan sebagaimana mestinya sehingga diharapkan kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa agar dalam rangka agenda resmi Pemerintahan seperti reses banyak masyarakat yang tidak hadir karena kami dibedakan dengan warna partai. Marilah kita bersama untuk memajukan daerah," ungkap Mahole.

Tambahnya, salut kepada Camat Moronge yang sudah mengerti tentang kinerja kami DPRD. Perda dan Perbup tentang pelaksanaan pemilihan Kepala Desa sudah diterima oleh Camat atau belum karena langkah-langkah yang akan diambil oleh Camat berdasarkan petunjuk teknis dari Perda dan Perbup yang dimaksud. Pengawasan yang dimaksud lebih kepada disiplinnya ASN dalam rangka kehadiran dan tidak untuk menghambat pelayanan kemasyarakat.

Lanjut Mahole mengatakan maksimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Dalam hal pengelolaan pemerintahan diatur sebaik mungkin agar pelayanan masyarakat berjalan dengan efektif. Waktu lalu kami sempat melakukan sidak di kantor camat yang lain dan ada beberaoa kantor yang pintunya sudah ditutup. Maka hal- hal seperti ini perlu diperbaiki. 

"Kehadiran ASN sangat diutamakan dalam hal penyelenggaraan pemerintahan kalaupun kurang di kantor apakah ada kunjungan ke desa/kelurahan dalam hal pelayanan, atau cuma santai-santai di rumah. Sudah hampir dua setengah tahun kami belum melakukan rapat kerja dengan para Camat. Agenda Bulan Juli 2017 ini akan melaksanakan Pemilihan Serentak Kepala Desa sehingga disampaikan kepada Camat harus mengetahui pasti terkait Perda Pemilihan Kepala Desa. Sehubungan dengan hasil Musrembang yang sudah dihasilkan dari tingkat Kecamatan harus dikawal Penuh oleh Warga dan Pemerintah Kecamatan," tegas Mahole.

Di kesempatan yang sama, Camat Moronge Semuel Majusif SSos mengatakan, pandangan yang sudah disampaikan oleh Anggota Dekab tadi sangat memberikan motivasi kepada kami dalam kedisiplinan dan pelayanan masyarakat. "Terkait pembangunan, ketika ada Musrembang kadangkala kami kalah dalam skala prioritas pembangunan Rudis Camat selalu menjadi urut pertama tetapi kenyataannya adalah Rudis kami tidak, tetapi kalu berkaca dari Rudis Camat lainnya malahan sudah ada yang melakukan pekerjaan. Pembangunan Pagar di enam Desa sudah selesai, Penambahan Gedung Baru Kantor Camat Moronge, Pembangunan Puskesmas belum selesai, kalau soal pelayanan masyarakat sudah berjalan dengan baik," tandas Majusif.

Hasil pantauan detiKawanua.com, dari 21 jumlah ASN yang berada di Kantor Camat, yang hadir hanya 7 ASN dan yang tidak hadir yakni 14 ASN.

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 13 Januari 2017 ,

0 komentar for "Terkait Fungsi Pengawasan, Komisi I Dekab Talaud Lakukan Sidak ke Kantor Camat Moronge"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional