Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Minimnya Fasilitas dan SDM Menjadi Kendala Dalam Penanggulangan Bencana di Talaud

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Talaud, Bonny Wangkanusa.

Talaud, detiKawanua.com - Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bonny Wangkanusa SSTP M.Si mengungkapkan,Kendala terbesar yang dihadapi pihaknya dalam upaya penanggulangan bencana yang terjadi adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dalam evakuasi, pertolongan pertama pada korban dan Minimnya sarana prasarana atau fasilitas pendukung.

Menurutnya, kualitas sumberdaya manusia yang terbatas karena kurangnya pelatihan atau training bagi para pegawai yang ditugaskan atau diturunkan ke lokasi kejadian.

"Kita mestinya harus banyak simulasi terkait penanggulangan bencana, baik disebabkan oleh faktor alam atau kelalaian manusia. Pelatihan lainnya seperti kerjasama tim dan strategi penanggulangan, juga harus terus ditingkatkan," ujar Benny di ruang kerjanya, Selasa (10/01) kemarin.

Keterbatasan sarana prasarana pendukung seperti ketersediaan alat berat, pemadam kebakaran, scuba atau alat penyelaman, maupun fasilitas lainnya, serta anggaran pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terbatas dalam rangka persiapan dan kesiapan armada yang akan diturunkan ke lokasi kejadian, juga menjadi kendala atau hambatan lainnya.

"Untuk penanggulangan longsor, alat berat dipinjam dari instansi yang memilikinya. Alat damkar juga dibutuhkan, karena pernah kami hanya memanfaatkan cara pemadaman tradisional dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar lokasi. Ini tentunya tidak memberi hasil yang maksimal," tambahnya.

Meski begitu, dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab selaku abdi negara dan masyarakat, BPBD akan tetap berupaya optimal dan maksimal.

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 11 Januari 2017 ,

0 komentar for "Minimnya Fasilitas dan SDM Menjadi Kendala Dalam Penanggulangan Bencana di Talaud"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional