Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Mantapkan Acara Adat Mandurugu Tonna 2017, Pemkab Talaud Gelar Rakor

Plt. Kadis Parbud Kabupaten Talaud, Ronald Izaak, AP MSi.

Talaud, detiKawanua.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Talaud melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Talaud melakukan Rapat Koordinasi dengan Pimpinan SKPD dan Pimpinan  Wilayah Kecamatan dalam rangka Persiapan Acara Adat Talaud Manurugu Tonna (Kunci Tahun-red) di Aula Setda, Kamis (19/01).

Plt Kadisparbud Talaud Ronald Isaak kepada detiKawanua.com, mengatakan bahwa Acara tersebut diberi Tema 'Marilah Kita Hidup Rukun dan Damai Dalam Perbedaan Agar Allah Melimpahkan Berkatnya  kepada Kita, Supaya Talaud Makmur Jaya, Adil dan Sejahtera'. Karena mengingat situasi nasional yang sejak beberapa waktu lalu ramai dengan isu perbedaan agama, namun dengan tema tersebut Pemerintah Kabupaten Talaud ingin mengajak masyarakat talaud untuk tetap mempertahankan kesatuan dan persatuan yang ada apalagi Talaud sebagai Garda Terdepan NKRI.

"Tema tersebut sangat bersesuaian dengan situasi nasional sekarang. Dengan begitu, sangat realistis sebagai pemerintah daerah ingin mengingatkan kepada warganya untuk tetap menutup perbedaan yang ada dengan tetap menjalin kebersamaan antar umat beragama sehingga talaud mampu mengenalkan kepada khalayak banyak bahwa Inilah Yang di Sebut Kebhinekaan, Berbeda-beda Tapi Satu," jelas Isaak.

Selain itu, semua rangkaian kegiatan ini akan di baik ornamen yang dipakai, pakaian semua peserta acara direncanakan bernuansa Adat Khas Talaud. Termasuk makanan yang akan disajikan harus didominasi makanan khas Talaud. "Karena memang acara ini Acara Adat, makanya semua yang terkait dengan kegiatan ini harus bernuansa Adat Khas Talaud," tambah Izaak.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Talaud Ishak Tamaroba SAP mengatakan, bahwa Manurugu Tonna merupakan Budaya Masyarakat Talaud yang sudah sejak lama dilestarikan dan merupakan Acara Ucapan Syukur Masyarakat kepada Tuhan yang dilaksanakan menurut adat - istiadat setempat.

"Semua rangkaian kegiatan akan berlangsung sesuai adat - istiadat Talaud, bahkan ornamen dan lain sebagainya yang akan digunakan harus bernuansa khas adat Talaud," tutup Tamaroba.

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 21 Januari 2017 ,

0 komentar for "Mantapkan Acara Adat Mandurugu Tonna 2017, Pemkab Talaud Gelar Rakor"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional