Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Konsultasi KAT, Komisi III Dekab Talaud Kunjungi Kemensos RI

Rapat bersama dengan Direktur Pemberdayaan KAT Kemensos RI Bpk. Basmalah dan Wakil Ketua Dekab Talaud Jakob Mangole SE serta Anggota Komisi III Dekab Talaud.

Talaud, detiKawanua.com - Kunjungan Kerja (Kunker) DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud untuk mengetahui Keberlanjutan dari peningkatan pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kabupaten Kepulauan Talaud. Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Dekab Talaud Jakob Mangole SE bersama dengan Komisi III Anggota Dekab Talaud yakni Pdt. Van H.R. Ambuliling S.Teol, Kosam Gumolung STh, Joutje Adam SH, Semuel Taliisan dan Reko Poae SPd mengunjungi Kementrian Sosial Republik Indonesia dengan maksud mengkonsultasikan terkait dengan KAT, dan langsung diterima oleh Direktur Pemberdayaan KAT Kemensos RI Bpk. Basmalah serta Pejabat di beberapa Subdit, Rabu (18/01).

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Pdt. Van H.R. Ambuliling, STeol mengatakan, seperi kita ketahui di Kabupaten Talaud sudah ada beberapa desa yang ditetapkan sebagai Daerah yang memiliki KAT. "Ini bukan Desa Adat atau Wilayah hukum Adat tetapi karena komunitas dan karakteristik tertentu yang ditopang oleh Pemerintah pusat untuk pemberdayaan kehidupan sosial kemasyarakatan, misalnya di Desa Kakorotan dan Lahu," ungkap Ambuliling.

Lanjut Ambuliling, kita meminta Kemensos RI supaya dilanjutkan ke desa lainnya yang memenuhi syarat. "KAT sangat penting bagi Talaud karena dilihat dari kurangnya akses ekonomi politik, telekomunikasi yang sangat relatif terisolir dan beberapa hal pendukung lainnya. Maka harus diberikan sentuhan program untuk pemberdayaanya, yang antara lainnya adalah dibangun rumah dan ditalangi kehidupan ekonominya," ujar Ambuliling.

Ia menambahkan, terkait desa lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi KAT, datanya sudah ada di Kementerian tapi ada beberapa yang sudah diusulkan untuk direvisi kembali. Yang diusulkan antara lain Desa Banada, Ganalo, Dampulis dan Ighik, dan itu memang pada intinya ada proses yabg perlu dipenuhi. "Kemensos sangat merespon baik Kunker ini. Berharap ada keberlanjutan untuk komunitas lain di tahun mendatang dan DPRD juga dapat mengawasi pelaksanaan agar berhasil sesuai tujuannya. Sehingga sangat - sangat diharapkan komunitas dimana program ini dilaksanakan dapat mendukung sekaligus masyarakat terlibat dengan sungguh-sungguh yang tujuannya dapat meningkatkan kualitas hidup KAT. Dukungan dari Pemkab Talaud juga sangat dibutuhkan untuk memverifikasi data kembali sebagai kelengkapan  serta melakukan sentuhan program yang selaras dgn pemberyaan ini," tutup Ambuliling.

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 19 Januari 2017 , ,

0 komentar for "Konsultasi KAT, Komisi III Dekab Talaud Kunjungi Kemensos RI"

BERITA TERBARU

MITRA

TALAUD

KOTAMOBAGU

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional