Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Ini Kata OM Bastianos Dive Resort Bunaken Terkait Pemberitaan 'Gudang' Sampah

Foto lokasi samping halaman Cottage di Bunaken yang terdapat banyak sampah. (foto:is)

Manado, detiKawanua.com - Melalui pesan elektronik Whatsapp (WA) pribadinya yang diterima wartawan detiKawanua.com, (Sabtu, 21/01) melalui salah satu pengelola atau Operation Manager (OM) Bastianos Dive Resort di pulau Bunaken, Donny Lopulalang melayangkan bentuk klarifikasi atau bersifat hak jawab terkait dengan pemberitaan pada hari Jumat (20/01) sebelumnya yang dimuat dalam media ini (detiKawanua.com) dengan judul 'Terungkap, Disamping Halaman Cottage di Bunaken Jadi Gudang Sampah', oleh Donny tidak membantah adanya pemberitaan dan juga kondisi dilokasi (halaman samping Cottage,red) tersebut, namun hanya ingin menjelaskan bahwasanya sampah-sampah yang ada merupakan sampah tak bertuan atau merupakan sampah yang berasal dari laut yang bukan berasal dari Cottage ternama itu.

"Saya cuma mau mengklarifikasikan, karena yang dilihat pada foto (berita,red) itu resort (Cottage) di Bunaken disamping resort mereka (Bastianos Dive Resort,red). Dan sampah yang ada itu memang sudah ada (dari laut) dan bukan dari pihak kami (Cottage/resort) yang membuang dilokasi/halaman dimaksud," terangnya.

Dijelaskannya pula bahwa Hal itu (Sampah,red) merupakan imbas dari faktor alam yakni angin barat yang pada beberapa hari yang lalu tidak ada hentinya.

"Sudah sejak jaman Mongol lakukan bersih-bersih hingga kemarin sudah disapu. Jadi, akibat tiupan angin barat tersebut, sampah-sampah plastik sudah dibersihkan oleh tim bersama kami," terang Donny.

Lanjutnya, mengenai sistem penyewaan orang kerja (karyawan kebersihan,red) dari perkampungan sekitar (Bunaken,red) itu sudah mulai kerja dari awal bulan Desember 2016 lalu berjumlah 6 orang.

"Mereka di bayar harian setiap hari hingga sekarang ini untuk mengantisipasi sampah yang datang dari laut, efek dari hembusan angin kencang dan ombak angin barat di musim penghujan. Jadi sekali lagi, kami bukan tidak menerima pemberitaan tapi alangkah baiknya diklarifikasi yang sebenarnya, karena sampah yang dari kami selalu diisi dalam karung dan dikirim ke Manado menggunakan perahu sampah milik Kecamatan atau kapal pribadi operasional Resort," ungkapnya, sembari menambahkan bahwa seringkali kewalahan dalam hal membersihkan sampah dipantai, berhubung ada tamu/pengunjung jadi kami tugaskan orang khusus hanya fokus dikebersihan depan Resort/lokasi Cottage.

Adapun sebelumnyan pada hari Jumat (20/01), melalui tim gabungan sejumlah SKPD lingkup Pemprov Sulut, unsur TNI Polri beserta masyarakat dan  pemerintah Kota Manado, dibawah koordinator Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Sulut telah melakukan kegiatan bersih-bersih muara sungai, tepi pantai di enam titik termasuk di pulau Bunaken.


 Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 22 Januari 2017 ,

0 komentar for "Ini Kata OM Bastianos Dive Resort Bunaken Terkait Pemberitaan 'Gudang' Sampah"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional