Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Dekab Talaud Kunker di Lirung, Timpua: Pulau Sarra Harus Dipastikan Secara Administrasi

Anggota Dekab Talaud dan Camat Lirung bersama ASN (foto atas) Pulau Sarra (foto bawah).

Talaud, detiKawanua.com - Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota DPRD Talaud dalam rangka Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakatan di Kecamatan Lirung, Jumat (13/01) pukul 09.30 WITA. Kegiatan kunjungan dihadiri oleh Komisi I DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Richard Mahole SH MH, Anastasius Tiolong SPd dan Godfried Timpua S.IP dan langsung diterima oleh Camat Lirung.

Menurut Anggota Dekab Talaud Richard Mahole SH MH, memang kunjungan kami dilakukan semata-mata untuk melengkapi Tupoksi kami sebagai Anggota DPRD dalam hal fungsi pengawasan. "Sehingga kami datang tidak memberitahukan kepada Camat, karena ini modelnya seperti Sidak. Tetapi tujuan kami adalah menampung aspirasi ASN di Lingkup Kecamatan sehubungan dengan pelayanan kepada masyarakat, kehadiran ASN di Kantor, dan memantau perkembangan pembangunan yang sudah berjalan di tahun 2016, serta rencana pembangunan di tahun 2017," tegas Mahole.

Dalam pembicaraan yang berlansung di Aula Kantor Camat Lirung terjadi tanya jawab dari Anggota Dekab Talaud dengan para ASN di Lingkungan Kantor Camat, salah satunya tentang status Pulau Sarra.

Anggota Dekab Talaud Godfried Timpua SIP mengatakan, status Pulau Sarra harus disejarahkan dengan baik dan dipastikan secara administrasi dalam hal ini surat/sertifikat. "Sehingga untuk selanjutnya tidak dipermasalahkan lagi oleh pihak lain dan dapat dituliskan sejarah Pulau Sarra secara terperinci oleh yang mengetahui pasti, kemudian dilakukan pencatatan secara administrasi dan kemudian dilaporkan kepada Bupati Kepulauan Talaud. Apresiasi untuk Camat Lirung yang sudah menerima kami sangat baik," ucap Timpua.

Lanjut Timpua, dalam tahun ini Agenda Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Pariwisata salah satunya dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Talaud. Sehingga warga, keluarga dan Pemkab Talaud untuk membahas kepemilikan pasti tentang Pulau Sarra. "Saran saya, kalaupun tidak dapat titik temunya atau terjadi konflik, ke depan nanti dibuat kerjasama dengan pemilik," tanggap Timpua.

Sementara itu, Camat Lirung Sherley LT Sasube SS mengatakan, pada umumnya ASN di sini loyal dan disiplin serta setia menjalankan tugas. Mengenai kelengkapan administrasi, kami sudah lengkap secara personil.

"Pembangunan di Kecamatan Lirung sudah terlaksana antara lain Jalan Raya Lirung-Musi, Jalan Raya Lirung-Balang, Lapangan Gelora Pamil, Jalan setapak Lingkar Gelora Pamil, Jalan Lingkar Pulau Sarra, Rehabilitasi Rudis Camat, Pembangunan Median Jalan dan Penataan Kawasan Ruang Terbuka Hijau Perkotaan, Air bersih di Sereh Induk, Sumur Resapan di Sereh, Pemasangan Jaringan Listrik di SMP Sereh, Pembangunan Gedung Pelayanan Kesehatan, Sarana Air Bersih di Desa Musi, Talut Pantai Desa Talolang, Halaman Pagar Desa Talolang, Sereh, Sereh I dan Musi. Sementara ini Swadaya Masyarakat dan Pemerintah Kecamatan melakukan pembangunan Aula Lirung Matane, Jembatan dalam kota Lirung dan Jembatan penghubung antara Lirung dan Musi," terang Camat Lirung.

"Dalam hasil Musrembang, kami sudah usulkan jalan dari Puskesmas- Sinode-Kantor Lurah Lirung, Pemanfaatan Pasar Lirung yang baru, dan Drainase Jalan Lirung- Balanh, serta yang menjadi penting juga adalah lampu jalan kebanyakan tidak menyala sehingga banyak pengendara yang celaka," ungkap Sasube.

Dirinya manambahkan, Pilkades akan dilaksanakan pada tahun ini yakni Desa Talolang, dan pada waktu lalu 22 Desember 2016 kami telah menghadiri sosialisasi bersama dengan Pemkab Talaud tapi sampai saat ini masih menunggu Perda tersebut. Karena dilihat Talolang Bulan April ini akan selesai masa jabatan, sehingga kami akan menggantikan dengan Pejabat Sementara. "Menanggapi persoalan kepemilikan Pulau Sarra, akan kami bicarakan lebih lanjut dengan Pemerintah Daerah dan warga masyarakat, terutama yang memiliki sejarah pasti tentang keberadaan pulau tersebut," tutup Sasube, pada kegiatan yang dihadiri 12 ASN di lingkup Pemerintah Kecamatan Lirung. 

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 13 Januari 2017 ,

0 komentar for "Dekab Talaud Kunker di Lirung, Timpua: Pulau Sarra Harus Dipastikan Secara Administrasi"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional