Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Akibat Cuaca Ekstrim, Pulau Miangas "Terisolasi"

Sekretaris KPU Talaud, Sepno Seri Ratu Pulsa Lantaa SH. /Ist 

Talaud, detiKawanua.com - Cuaca ekstrim sedang melanda batas Utara NKRI yakni Kecamatan Miangas. Pasalnya dua hari belakangan ini Kecamatan Miangas yang merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Talaud tersebut mengalami cuaca buruk yang sangat berakibat pada kegiatan masyarakat yang ada di sana. Cuaca buruk yang dimaksud adalah naiknya air pasang hingga ke bangunan layanan publik. Sehingga hal ini mendapat tanggapan dari tokoh publik Miangas.

Diwawancarai awak media, Sekretaris KPU Kabupaten Kepulauan Talaud Sepno Lantaa mengatakan, cuaca sekarang lagi ekstrim, tidak bisa dilewati dengan menggunakan kendaraan laut karena tinggi gelombang mencapai 4Meter sampai 5Meter. 

"Satu-satunya yang boleh cuma lewat udara, tapi sampai sekarang Bandar Udara Miangas yang sudah diresmikan oleh Presiden RI belum ada jadwal penerbangan ke Pulau yang berbatasan dengan Negara Filipina (Miangas- red). Ini merupakan bentuk keprihatinan saya sebagai Putra Miangas," terang Lantaa kepada detiKawanua.com, Kamis (26/01).

Kondisi terkini air laut pasang di depan Pelabuhan Miangas.

Lanjut, Lantaa mengatakan, menurut laporan Camat Miangas semua aktifitas kegiatan warga jadi lumpuh, tidak bisa melaut bahkan sampan-sampan nelayan ada yang rusak dihantam badai. Sekarang yang dialami oleh warga Miangas adalah persediaan sembakodan BBM mulai menipis, serta obat-obatan yang dibutuhkan warga dalam cuaca demikian mulai berkurang. Hanya Herciles yang boleh sampai ke sana. 

"Sekarang yang dilakukan warga di Miangas adalah mereka melaksanakan kerja bakti untuk membuat penahan ombak dari karung-karung berisi pasir, karena air laut sudah mulai masuk ke pemukiman warga. Kantor Syahbandar dan Koramil sudah tergenang air laut. Kondisi diperparah dengan adanya pasokan BBM Solar untuk listrik yang sudah mulai habis. Dimohonkan campur tangan dari para pihak terkait untuk dapat mengatasi masalah keterisolasian di Pulau Miangas sekarang ini," tutup Lantaa, yang juga seorang putra asal Miangas.

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 26 Januari 2017 , ,

0 komentar for "Akibat Cuaca Ekstrim, Pulau Miangas "Terisolasi""

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional