Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Wawali Mor Imbau Warga Manado Soal Bencana Alam

Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastian. /Ist

Manado, detiKawanua.com - Wakil Walikota (Wawali) Manado, Mor Dominus Bastian (Mor), mengimbau kepada seluruh warga kota untuk berhati-hati terhadap bencana alam. Hal ini dikatakan Mor sapaan akrab Wawali, karena dalam satu pekan terakhir kota Manado dilanda hujan yang disertai angin kencang.

"Warga harus berhati-hati di musim penghujan seperti ini. Sebab, cuaca sedang tidak bersabat," kata Wawali kepada sejumlah pewarta, Kamis (15/12) kemarin, di Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

Khusus warga yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor, Wawali meminta agar mereka mengungsi untuk sementara waktu.

"Mengungsi adalah pilihan tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. Saya berharap warga bisa memaklumi imbauan ini," ucap Wawali yang dikenal murah senyum.

Sebagaimana diketahui, akibat hujan deras dan angin kencang pada Kamis kemarin, sejumlah rumah warga terkena longsor dan banjir. Bahkan, cuaca ekstrim di penghujung tahun 2016 ini, telah menelan korban jiwa.

Selain Wawali, hal yang sama juga disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado.

"Kami mengimbau seluruh penduduk untuk waspada dan melakukan tindakan antisipasi dengan pindah sementara, sebab hujan sudah menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah kota," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Manado, Jenny Bangonang, Kamis kemarin.

Bangonang mengatakan, di wilayah Wanea, air naik sampai sekitar 50 cm. Sedangkan tanah longsor terjadi di wilayah Kecamatan Singkil, di mana ada satu keluarga yang menjadi korban. Sehingga, Bangonang berharap warga lainnya yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor dapat mengungsi secepatnya.

Bangonang  menambahkan, BPDB saat ini terus melakukan koordinasi dengan para Camat dan Lurah se-Kota Manado. "Kami sudah minta seluruh camat dan lurah agar ikut menggandeng pemuka agama, untuk menyampaikan seruan dan imbauan bagi warga untuk waspada lewat pengeras suara di tempat ibadah seperti gereja dan masjid agar waspada dengan bencana," kunci Bangonang, sembari mengingatkan warga agar berhati-hati jika melewati jalanan yang terdapat pepohonan besar.

(v1c)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 16 Desember 2016 ,

0 komentar for "Wawali Mor Imbau Warga Manado Soal Bencana Alam"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional