Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Soal Penyakit Ternak di Musim Hujan, Dispertanak Imbau Warga Peternak

Ilustrasi Ternak Kambing. /Ist

Boltim, detiKawanua.com
- Memasuki musim penghujan, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengimbau kepada warga khususnya peternak hewan besar yakni sapi dan kambing, supaya menjaga ternaknya.

Seperti dikatakan Kepala Dispertanak Boltim Ramlah Mokodompis melalui Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Keswan) Rahman Mokodompit, hewan ternak rentan sekali terserang penyakit, baik disebabkan oleh perubahan musim ataupun dikarenakan tularan penyakit. "Salah satu penyakit yang datang pada musim penghujan, untuk sapi adalah penyakit demam. Gejalahnya napsu makan hewan berkurang, suhu badannya mencapai 38 derajat celcius. Jika para peternak melihat sapi seperti ini, paling aman segera laporkan. Kami akan turun langsung untuk memeriksa dan memberi pengobatan," ujarnya.

Begitu juga dengan kambing. Di musim penghujan ini, tidak sedikit yang terkena penyakit kembung. "Karena udara yang dingin dan kadar air dari makanan rumput terlalu banyak, sehingga mengakibatkan kambing sakit perut, diare dan juga banyaknya nyamuk yang berpotensi menularkan penyakit," katanya.

Untuk itu, guna menghindari hal-hal di atas cegah dengan menjaga hewannya. "Jaga kebersihan hewan, juga kebersihan kandang harus diperhatikan. Pencegahan lebih baik dari pada mengobati," imbau Rahman.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 08 Desember 2016

0 komentar for "Soal Penyakit Ternak di Musim Hujan, Dispertanak Imbau Warga Peternak"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional