Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Memasuki Puncak Musim Penghujan, Warga Diharapkan Waspada

Prakiraan AMH 2016-2017. /Ist

Manado, detiKawanua.com
- Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut, Carisz Kainama mengungkapkan, dalam beberapa hari ini memang akan sering terjadi hujan dan angin kencang. Apalagi, lanjut dia, saat ini Kota Manado dan sekitarnya sudah berada di musim penghujan.

"Bulan Desember ini sudah masuk musim hujan. Puncaknya pada Januari. Jadi dengan kata lain, hujannya akan lebih sering terjadi, tapi akan lebih banyak terjadi pada sore, malam hingga dini hari," ungkap Kainama, Rabu (14/12).

Adapun angin kencang yang terjadi pada Selasa (13/12) malam, memiliki kecepatan mencapai 25 knot, sehingga sudah menjadi peringatan dini.

"Kami sudah mengirimkan pesan peringatan dini tadi malam ke semua pihak yang berkompeten. Angin kencang dan hujan deras saat itu hanya terjadi di wilayah Manado, Minahasa Utara, Talaud dan Sangihe. Daerah lain tidak terlalu besar," ungkapnya.

Kainama menjelaskan, angin itu disebabkan terbentuknya awan Comulunimbus. "Angin itu menjadi awal turunnya hujan. Jadi sebelum turun hujan, angin itu datang tapi tidak berlangsung lama. Kecepatannya juga bisa melebihi 25 knot," terangnya.

Dia pun mengimbau warga Manado dan sekitarnya agar tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi puncak musim hujan ini. "Terlebih bagi warga yang tinggal di daerah rawan bencana," tandasnya.

Kepala BPBD Manado Maximilianus Tatahede mengimbau warga agar tetap waspada terhadap setiap potensi kejadian bencana, yang diakibatkan cuaca ekstrem.

"Kalau memang tidak ada keperluan mendesak di luar rumah, sebaiknya berdiam diri saja di dalam rumah. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bersama," imbaunya.

(v1c)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 14 Desember 2016

0 komentar for "Memasuki Puncak Musim Penghujan, Warga Diharapkan Waspada"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional