Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Masuk Musim Hujan, Warga Manado Mulai Resah

Ilustrasi. /Ist

Manado, detiKawanua.com - Ismail salah satu warga yang tinggal di kompleks Perumahan Wale Lestari, Blok M, Kelurahan Singkil Dua, mengaku merasa was-was karena akhir-akhir ini hujan deras dan angin kencang melanda wilayah Kota Manado dan sekitarnya.

"Nda mo tasono bagus siang malam kalau ujang kras. Laeng kali mo ba alas di ruang tamu kong pintu tabuka, supaya kalau jadi apa-apa masih bole mo dapa lari kaluar," ungkapnya, Rabu (14/12).

Dia pun berharap Pemkot Manado dan Depelover Perumahan bisa membuka hati atas keadaan lokasi ini. "Jangan nanti ada kejadian baru bergerak kasiang," tuturnya.

Seperti terpantau di kompleks Perumahan Wale Lestari, Blok M, Kelurahan Singkil Dua, ada badan rumah yang terlihat sudah terpisah. Tidak hanya itu, ada pula lantai rumahnya sudah retak akibat kedudukan tanah yang telah bergeser dan mengalami penurunan saat hujan deras dan gempa bumi.

Informasi yang didapat media ini pada beberapa waktu lalu, salah satu rumah (bagian garasi) di kompleks tersebut sempat roboh akibat longsor. Beberapa rumah lainnya juga sudah berada sekira satu meter dari jurang.

Kekhawatiran serupa juga diungkapkan Ati, warga Ketang Baru. "Torang di sini laeng kali so nyanda mo tatidor sadap kalo hujan karas," ujarnya.

"So boleh jo kasiang lalu torang ada dapa rasa itu banjer. Siksa skali kasiang torang mo baku riki manimpang deng baku angka barang kalo banjer," sambungnya.

Dia pun berharap, pemerintah bisa mengambil langkah cepat mengantisipasi kejadian bencana yang dapat terjadi kapan saja. "Jangan sampai ada kejadian baru ada gerakan," pungkasnya.

Sementara, Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sulut, Carisz Kainama, mengungkapkan, dalam beberapa hari ini memang akan sering terjadi hujan dan angin kencang. Apalagi, lanjut dia, saat ini Kota Manado dan sekitarnya sudah berada di musim penghujan.

"Bulan Desember ini sudah masuk musim hujan. Puncaknya pada Januari. Jadi dengan kata lain, hujannya akan lebih sering terjadi, tapi akan lebih banyak terjadi pada sore, malam hingga dini hari," ungkapnya.

(v1c)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 14 Desember 2016

0 komentar for "Masuk Musim Hujan, Warga Manado Mulai Resah"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional