Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

GSVL: Anak Perlu Mendapat Kepastian dan Perlindungan Hukum

Foto bersama usai acara peresmian. /Ist

Manado, detiKawanua.com
- Peresmian bantuan fasilitasi Pengadilan Anak di Pengadilan Negeri (PN) Manado dihadiri Walikota Manado  GS Vicky Lumentut, Rabu (14/12). 

Dalam sambutannya, Walikota GSVL menegaskan, fasilitas pengadilan anak sangat penting, mengingat anak-anak harus diperlakukan berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu, Lumentut menyambut baik akan hal itu. Bahkan, untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado akan memberikan bantuan fasilitas lainnya.

"Sebagai Walikota Manado, saya mengapresiasi adanya fasilitas pengadilan anak yang ada di Pengadilan Negeri Manado. Ini akan sangat membantu anak mendapatkan kepastian dan perlindungan hukum," ujar suami tercinta Rektor Unima, Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene itu.

Lumentut menambahkan, Kota Manado merupakan salah satu kota di Indonesia yang menjadi target wisata, harus ikut mewaspadai kejahatan yang dilakukan anak-anak. Makanya, dengan adanya fasilitas pengadilan anak tentu sangat dibutuhkan.

"Kebijakan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dengan membuka jalur penerbangan langsung ke Manado sehingga banyak wisatawan datang ke Manado, kemudian kebijakan pemerintah pusat dengan membuka aktifitas Bandara Sam Ratulangi selama 24 jam, harus diantisipasi adanya kenakalan anak yang menjurus pada kejahatan dan masalah hukum," tukas Walikota GSVL.

Lanjut dijelaskan orang nomor satu di Manado itu, selain pengadilan anak, pihaknya juga akan membantu membangun pusat rehabilitasi korban narkoba di Kota Manado. "Selama ini, belum ada tempat untuk rehabilitasi korban narkoba. Kalau ada masalah narkoba biasanya harus dirujuk ke Makassar. Mulai tahun depan (2017, red) kami akan menangani korban narkoba untuk rehabilitasi. Pemkot akan membangun fasilitas rehab korban narkoba demi membuat Manado makin hari makin nyaman," terang Lumentut.

Sementara, Hakim Agung Desnayati SH MH yang juga Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Anak Mahkamah Agung (MA) RI, menegaskan, persoalan kejahatan anak harus ditangani secara persuasif dan manusiawi. Pengadilan Anak akan memberikan kenyamanan dalam mewujudkan kepastian hukum bagi anak.

"Kami berterima kasih kepada pihak UE-UNDP yang telah membantu dalam memfasilitasi pengadilan anak, khususnya di Pengadilan Negeri Manado," tukasnya, seraya meresmikan Pengadilan Anak di PN Manado.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Utara Charis Mardianto SH MH, Kepala Kejaksaan Negeri Manado Budi Panjaitan SH, Ketua PN Manado H Heri Sutanto SH MH, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Sulut Ir Ernie Tumundo, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, serta Manajer Proyek UE-UNDP Sustain Fatahilah Sukur.Acara diakhiri dengan simulasi sidang Pengadilan Anak dan meninjau ruangan yang digunakan dalam proses peradilan anak.

(Aldi)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 15 Desember 2016 ,

0 komentar for "GSVL: Anak Perlu Mendapat Kepastian dan Perlindungan Hukum"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional