Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Disinyalir DanDes Rp 40 juta Diselewengkan Oknum Mantan Pejabat KumTua Desa Tanamon

Ilustrasi Dana Desa.

Minsel, detiKawanua.com - Dana Desa (DanDes) yang seharusnya dipakai untuk kepentingan rakyat melalui pembangunan infrastruktur di desa dengan memaksimalkan fungsi pemberdayaan kepada masyarakat, ternyata disalahgunakan oleh oknum Pejabat Hukum Tua Desa Tanomon, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Indikasi Rp 40 juta diselewengkan oleh oknum Kumtua tersebut Pejabat Hukum Tua Desa Tanamon, yang seharusnya dialokasikan pada dua kegiatan, yaitu perintisan jalan sampai pengerasan jalan dan pengerjaan jalan setapak; terungkap setelah warga menemukan sudah dua kali berganti kontraktor dan pembayaran menggunakan kwitansi kosong.

Dalam pertemuan Rapat BPD pada tanggal 10 dan 15 Desember 2016, forum rapat tersebut mengungkap sisa dana yang ada berjumlah Rp 240 juta namun yang ada di rekening desa ada Rp 200 juta dan Rp 40 juta akan ditanggulangi oleh mantan Pejabat Kumtua Tanamon Ria Tongkodu, sesuai dengan tanggung jawab KPA saat pengerjaan dua kegiatan tersebut.

Tokoh masyarakat desa, Tanamon Supratman Baluntu SH menyayangkan sikap Kumtua Deliyanto Mokodompit yang dingin. "Masalah ketidakjelasan dana Rp 40 juta yang akan dikembalikan oleh Pejabat Hukum Tua harusnya disikapi serius sebagai kesalahan atau penyelewengan anggaran, karena tidak ada alasan uang Dandes digelapkan oleh oknum pejabat Kumtua tanpa pemberitahuan ke masyarakat dan ke BPD yang lain," ujar Baluntu.

Mantan Pejabat Hukum tua desa Tanamon Ria Tongkodu saat dikonfirmasi terkait hasil rapat yang mengungkap sisa dana Rp 40 juta, justru tidak tahu menahu dengan hal tersebut. "Ia nanti tanya dulu sama Hukum Tua," ucap Ria saat dihubungi oleh wartawan detiKawanua.com, sembari menampik jika namanya disebut-sebut dalam rapat.

"Saya di dekat situ. Tidak perna saya dengar nama saya disebut," ungkap Ria.

Namun salah satu anggota BPD, menilai pernyataan Pejabat Kumtua tersebut diduga bohong dan dusta, karena banyak saksi yang hadir dengan jelas mengungkap tentang program Pejabat Kumtua dan Penggunaan Anggaran yang dijelaskan oleh pemerintah desa, dalam hal ini Hukum Tua sekarang.

(Vandytrisno)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 19 Desember 2016 , , ,

0 komentar for "Disinyalir DanDes Rp 40 juta Diselewengkan Oknum Mantan Pejabat KumTua Desa Tanamon"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional