Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Di Akhir Tahun 2016, Puluhan Paket Dinas PU Boltim Bakal Tuntas Semua

Jalan Moat-Motongkad.

Boltim, detiKawanua.com
- Dari 84 paket proyek di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada tahun 2016 ini, sebagian besar hampir selesai. Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas PU Boltim Sjukri Tawil, Selasa (27/12).

Menurutnya, ke-84 paket proyek di tahun ini dengan total dana sekitar Rp150 miliar, bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK). "Ada 84 paket proyek pekerjaan di tahun ini, baik pekerjaan jalan dan pembangunan, pengadaan, pemeliharaan," ujarnya.

Di antara puluhan paket dimaksud, katanya, sudah sebagian besar yang sudah terealisasi, sedangkan lainnya sementara finishing. Itu diupayakan beberapa hari ke depan hingga 31 Desember (deadline). "Pekerjaan jembatan, jalan, air bersih dan pengadaan, serta pemeliharaan, masuk dalam 84 paket. Jadi, tidak semua paketnya besar," terang Sjukri kepada awak media.

Kita juga terkendala soal pembayaran sebagian paket proyek sebab, dana DAK di PU sekitar Rp 20 miliar hingga kini belum ada. "Sehingga, Pemda Boltim mengantisipasi soal itu, nantinya akan dibayarkan pada 2017 mendatang dengan dana DAU. DAK senilai Rp 20 miliar belum turun hingga saat ini," paparnya, saat disambangi di ruang kerjanya.

Lanjutnya, kita usahakan pekerjaan tuntas semuanya. Sekitar 65% selesai. Sisanya tinggal penyelesaian akhir (finishing, red) "Di antaranya, Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Tutuyan, Nuangan, Modayag. Juga soal air bersih untuk pemeliharaan. Ditambah pekerjaan jalan guna pembuatan bahu jalan, termasuk jalan Moaat-Motongkad," ucap Sjukri.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim, Muhammad Assagaf juga menuturkan, mengenai DAK Rp 42 millar itu belum ada, namun untuk pembayaran sejumlah pekerjaan dari instansi terkait itu diselesaikan tahun depan. "Kita akan realisasikan dana proyek pekerjaan tahun ini, dengan dana DAU di 2017. Sebab, DAK tahap empat belum turun," jelas Assagaf saat bersua awak media di kantor Bupati, sore tadi

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 27 Desember 2016

0 komentar for "Di Akhir Tahun 2016, Puluhan Paket Dinas PU Boltim Bakal Tuntas Semua"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional